Sumut Peringkat Empat Miliki PTS Terbanyak di Indonesia

TOPMETRO.NEWS – Sebanyak 264 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan 8.688 dosen dan 350.000 mahasiswa membuat Sumatera Utara (Sumut) masuk dalam peringkat ke 4 daerah yg memiliki PTS terbanyak di Indonesia. Namun dari 264 PTS hanya 20 PTS saja yang institusinya memiliki akreditasi.

Kondisi ini tentunya harus lebih mendapat perhatian dari kita bersama, karena dengan kondisi jumlah mahasiswa yang besar tentunya merupakan potensi untuk membawa Provinsi Sumut menuju provinsi yang memiliki daya saing untuk membangun masyarakat yang sejahtera.

Hal ini dikemukakan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir. HT. Erry Nuradi MSi menghadiri pelantikan pengurus Asosias Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) Wilayah I Sumut Periode 2016 – 2020 di Grand Mercure Hotel, Kamis malam (9/3).

Untuk ketigakalinya kembali Bahdin Nur Tanjung SE, MM terpilih sebagai Ketua Umum APTISI Wilayah I Sumut.

Turut hadir Ketua Umum APTISI Pusat Dr. Ir. H. M. Budi Djatmiko MSi, MEi, Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof. Dian Armanto, Ketua Umum APTISI Wilayah I Sumut Bahdin Nur Tanjung SE, MM, Kadis Pendidikan Arsyad Lubis, para Ketua Yayasan, Direktur, Rektor dan Dosen Perguruan Tinggi Swasta se-Sumut.

Seiring di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tentunya mau tidak mau kita dihadapkan pada persaingan antar Negara ASEAN dan ini tentunya menuntut kesiapan seluruh komponen bangsa termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) nya.

Oleh karenanya, Gubsu Erry berharap kepada seluruh PTS khususnya di Sumut agar dapat menciptakan generasi penerus yang unggul, inovatif dan kompetitif. Keadaan inilah yang menjadi tugas berat para anggota APTISI. “Jangan sampai SDM kita menjadi penonton di Negeri sendiri,” ujar Erry Nuradi.

Ketua Umum APTISI Pusat Dr. Ir. M. Budi Djatmiko MSi, MEI menyampaikan harapannya kepada jajaran pengurus harian APTISI Pusat periode 2016-2020. “Saya atas nama pimpinan APTISI mengucapkan selamat kepada pengurus Aptisi.

Saya berharap sekali kepengurusan ini dapat berkomitmen untuk melakukan tugas dengan baik. Perguruan Tinggi Bapak/Ibu harus menjadi contoh dan meningkatkan mutu,” ujar Budi Djatmiko.

Sementara itu, Ketua Umum APTISI Wilayah I Sumut Bahdin Nur Tanjung SE, MM berharap adanya dukungan dan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) dan stakeholder lainnya dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dan memajukan APTISI, khususnya dalam rangka, menghasilkan generasi muda yang berkualitas menuju era MEA.(Zal/TMN)

Related posts

Leave a Comment