Ingat..!!! Peserta Ziarah Akbar Silalahi Raja Diminta Tempuh Jalur Tele-Pangururan, Antisipasi Antrean Panjang

Peserta Ziarah Akbar Silalahi Raja Diminta Lewati Jalur Tele-Pangururan, Antisipasi Antrean Panjang

TOPMETRO.NEWS – Perhelatan Ziarah Akbar Silalahi Raja yang digelar di Tolping dan Pangururan Kabupaten Samosir 1-3 Desember 2017 tinggal menghitung hari. Peserta Ziarah Akbar yang berasal dari luar Kabupaten Samosir diminta agar menghindari penyeberangan kapal Ferry Ajibata-Tomok dan Tigaras-Simanindo. Pasalnya selain moment akhir pekan, 1 Desember mendatang merupakan hari libur nasional maka diprediksi akan ada antrean panjang dan penyeberangan Kapal Ferry menuju Samosir diperkirakan bakal membludak.

”Kita mengimbau agar seluruh peserta Ziarah Akbar Silalahi Raja yang berasal dari luar Samosir dengan menggunakan mobil diharapkan dapat menghindari kemacetan yang terjadi di penyeberangan Kapal Ferry Ajibata – Tomok. Begitupun penyeberangan Tigaras-Simanindo. Soalnya sudah biasa, setiap akhir pekan, apalagi libur nasional, tingkat kunjungan ke Samosir membludak. Seperti biasanya, akan terjebak dalam antre panjang di pelabuhan Ferry,” ujar BRD Silalahi (foto inzet), Ketua Silalahi Raja Kota Medan ketika berbincang-bincang dengan TOPMETRO.NEWS, Senin (27/11).

Solusinya, menurut BRD Silalahi, para peserta Ziarah Akbar Silalahi Raja dapat memilih jalur alternatif melalui Tele (Dairi) yang tembus ke Pangururan Kabupaten Samosir.

”Selisihnya memang menambah waktu 2 jam, tapi diperkirakan jalur alternatif Tele-Pangururan akan lebih efektif, nyaman dan terhindar dari kemacetan panjang,” kata BRD Silalahi.

Namun BRD Silalahi berharap pengendara selalu ekstra hati-hati manakala ada rintangan selama di perjalanan. ”Kita tidak tahu kapan ada hujan, atau rintangan lainnya di sepanjang perjalanan, jadi sebaiknya sopir selalu waspada,” kata BRD mengingatkan.

Dia menambahkan, peserta Ziarah Akbar Silalahi Raja yang menggunakan pesawat udara, diharapkan memilih jalur Silangit (Tapanuli Utara), Bukan Kualanamu (Medan).

”Saat ini pemerintah sedang menggalakkan sektor pembangunan Danau Toba. Untuk menggairahkan pariwisata ini, pemerintah sudah menyiapkan armada Damri dari Bandara Silangit ke Samosir (via Ferry) secara gratis. Jadi peserta bisa turun di Silangit, bandara internasional yang baru diresmikan Presiden Jokowi, pekan lalu,” papar BRD Silalahi

Dihadiri Gubsu

Sekadar diketahui Panitia Ziarah Akbar Silalahi Raja sudah menyiapkan sejumlah agenda. Selain ziarah ke Tambak (makam/kuburan) Op Raja Silahisabungan di Dolok Paromasan-Pangururan Kabupaten Samosir, perhelatan 1-3 Desember 2017 itu akan menggelar ‘Rapot Bolon’.

Ketua Panitia Ziarah Akbar Silalahi Raja, Sahata Silalahi, ST didampingi Marudut Silalahi, SE Wakil Ketuanya menyebutkan Ziarah Akbar Silalahi Raja Sedunia itu akan dihadiri Hahadoli Tampubolon dan Anggidoli Raja Tambun. Tidak itu saja, Tulang Manurung, Hula-hula Simbolon, Boru Sihabolonan Raja Sitempang Sitanggang termasuk ‘Dongan Sa Ama’ dari Silalahi Nabolak-Paropo hadir untuk ikut menyemarakkan acara itu.

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry dijadwalkan menabur 139.000 ekor bibit ikan di Danau Toba sekaligus membuka secara resmi Ziarah Akbar Silalahi Raja Sedunia yang diprediksi dihadiri ribuan peserta itu. (***)

Related posts

Leave a Comment