Perbaikan Jalan di Medan Hanya 70%

TOPMETRO.NEWS – Kepala Dinas Pekerjaan Umum ( PU) Kota Medan, Khairul Syahnan menyebutkan pengerjaan infrastruktur di Medan sepanjang 2017 hanya mencapai 70 persen. Begitupun, pihaknya berjanji akan memenuhi pembangunan infrastruktur di Medan hingga 95 persen pada Desember 2017 mendatang.

“Sejauh ini baru 70 persen pembangunan baru terealisasi, ” katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi D DPRD Medan, Selasa (28/11/2017).

Kata Syahnan, target realisasi hingga 95 persen pembangunan infrastruktur di Medan diyakini bisa terwujud sebab, adanya penambahan anggaran sebesar Rp 30 miliar pada P- APBD Medan 2017 .

“Saat ini, ada penambahan anggaran sebesar Rp 30 miliar yang diajukan melalui P- APBD 2017. Diharapkan dengan adanya penambahan anggaran itu tahun ini jalan rusak di Medan bisa diperbaiki, ” sebutnya.

Mendengar itu, dalam RDP yang dipimpin Ketua Komisi D, Parlaungan Simangunsong itu anggota komisi D, Daniel Pinem melontarkan rasa pesimis terhadap perbaikan jalan di Medan bisa terealisasi hingga 95 atau 100 persen pada tahun ini.

Sebab, politisi PDI Perjuangan itu meyakini tidak akan mungkin pengerjaan itu dapat terealisasi mengingat tahun anggaran 2017 sudah hampir habis. Sedangkan kendati ada penambahan anggaaran di P-APBD 2017 tidak mungkin anggaran itu dapat digunakan karena proses penggunaan anggaran seperti lelang dan pengerjaan tidak mungkin hanya menghabiskan waktu yang tinggal sebulan lagi.

“Mustahil itu terealisasi, apalagi ini udah mau tutup masa anggaran,” tegasnya.

Daniel mengaku, dirinya pesimis Dinas PU mampu memperbaiki jalan rusak di Kota Medan di tahun ini. Mengingat, proyek pembangunan infrastruktur Dinas PU seperti perbaikan jalan dan drainase tahun anggaran 2016 masih banyak belum diselesaikan hingga memasuki awal tahun 2017.

“Inikan tinggal kemauan saja. Kalau memang Dinas PU serius, harusnya tidak ada alasan untuk tidak bisa menyelesaikan perbaikan jalan yang rusak. Terlebih lagi, anggaran perbaikan jalan yang rusak itu menggunakan anggaran 2016 dan faktanya sampai 2017 belum juga selesai,” katanya.

Sementara anggota komisi D lainnya, Ilhamsyah mengungkapkan dengan anggaran yang cukup besar di 2017, harusnya Dinas PU Kota Medan bisa lebih giat lagi dalam memperbaiki jalan rusak di Kota Medan.

“Soalnya, tahun lalu anggaran dinas ini cuma Rp600 miliar dan tahun karena dinasnya sudah berubah anggarannya bertambah menjadi Rp1 triliun lebih. Kedepan, kita harus punya komitmen antara legislatif dan eksekutif agar perbaikan jalan itu bisa cepat selesai,” paparnya.(TM/04)

Related posts

Leave a Comment