Hari Ini, Jokowi di Turki Bahas Yerusalem bersama OKI

Hari Ini, Jokowi di Turki Bahas Yerusalem bersama OKI

TOPMETRO.NEWS – Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi hari ini dijadwalkan berada di Turki, untuk menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Kegiatan ini dalam rangka membahas keputusan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem ibu kota Israel.

“Saya dan rombongan hari ini (kemarin, red) akan bertolak ke Istanbul, Turki, untuk menghadiri KTT Luar Biasa OKI mengenai Palestina,” kata Presiden di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (12/12).

Presiden menilai KTT OKI 13 Desember sangat penting karena kesempatan pertama bagi negara-negara OKI secara bersama tegas menolak keputusan Trump yang mengakui Yerusalem ibu kota Israel.

“Pada kesempatan itu saya akan menyampaikan penolakan kita, rakyat Indonesia atas pengakuan sepihak Amerika Serikat dan meminta negara-negara OKI untuk membulatkan suara dan persatuan guna membela membela Palestina,” kata Presiden didampingi Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, KSAD Jenderal Mulyono, KSAL Laksamana Ade Supandi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Mensesneg Pratikno.

Presiden menyebut KTT Luar Biasa OKI ajab menyampaikan beberapa langkah bersama dan individual dalam membela Palestina.

“Saya berharap kunjungan ini akan memberi manfaat nyata bagi upaya perdamaian dunia, khususnya penyelesaian sengketa antara Paleatina dan Israel,” kata Jokowi.

Sesuai rencana, Presiden Jokowi akan tiba di tanah air, Kamis (14/12).(tmn)

Related posts

Leave a Comment