You are here
Bulu Kuduk Berdiri dan Anjing Melolong Pertanda Ada Hantu? Hiburan Tekno 

Bulu Kuduk Berdiri dan Anjing Melolong Pertanda Ada Hantu?

top metro.news – Sejak lama anjing dipercaya dapat merasakan kehadiran makhluk halus di sekitar manusia. Demikian juga kalau bulu kuduk berdiri dikatakan pertanda ada hantu. Namun sampai sekarang belum ada penjelasan ilmiah yang dapat membuktikan hal itu.

Sehari-hari anjing menggunakan tiga indra (penglihatan, pendengaran, dan penciuman) untuk beraktifitas sehari-hari. Namun, anjing lebih mengandalkan indra penciuman sebagai senjata utamanya.

Seperti sudah diketahui sejak lama, anjing memiliki kemampuan lebih dalam melihat dan mendengar sesuatu dibandingkan manusia. Hal inilah yang terkadang menyebabkan anjing menggonggong tanpa sebab.

Perlu diketahui, telinga anjing dapat mendengar suara dalam frekuensi rendah 67-45,000 Hz. Dengan kemampuan ini, anjing dapat dengan mudah menentukan sumber suara berasal. Tidak jauh berbeda dengan kemampuan melihatnya, anjing dapat dengan mudah melihat dalam keadaan rendah cahaya.

Penelitian lain juga mengungkapkan, anjing yang menggonggong secara tiba-tiba disebabkan oleh rasa trauma yang kembali hadir di pikiran mereka. Rasa trauma ini biasanya disebabkan oleh kejadian tidak menyenangkan di masa lalu. Demikian sebagaimana dikutip dari Animal Planet.

KUDUK BEDIRI KARENA HANTU?

Masyarakat kuno mengatakan, bulu kuduk yang berdiri menandakan adanya kehadiran makhluk halus, namun mitos akhirnya ini terbantahkan. Sekelompok ilmuwan mengungkap penyebab asli fenomena ini.

Seperti dikutip Everyday Health, penyebab fenomena ini adalah “reaksi terhadap bahaya” dalam diri seseorang. Hal ini pertama kali ditemukan oleh Walter B Cannon, fisiolog dari Harvard.

Ketika menghadapi bahaya, otak secara otomatis akan melepaskan hormon adrenalin ke seluruh tubuh. Adrenalin yang mengalir secara cepat menyebabkan jantung berpacu dengan cepat dan telapak tangan berkeringat.

Setelah adrenalin mengalir, otot pada lengan kita akan berkontraksi. Setiap otot yang berkontraksi membuat rambut di kulit itu berdiri dan agak menonjol. Selain rasa takut, suhu dingin juga dapat menyebabkan bulu kuduk berdiri.

Fenomena ini juga terjadi pada hewan. Ketika kucing merasa terancam dengan kehadiran predator, bulu mereka secara otomatis akan berdiri untuk menakut-nakuti sang predator. (TM-RED)

sumber: okezone

386 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment