Cara Membersihkan Make Up Dengan Benar

membersihkan make up

Topmetro.news – Banyak wanita yang tidak menyadari betapa pentingnya membersihkan wajah usai menggunakan make up. Bahkan, membersihkan make up dengan cermat adalah hal yang wajib dilakukan. Sebab  kesalahan dalam membersihkan make up dapat membuat masalah pada kulit.

Banyak wanita yang tidak mengerti tentang cara membersihkan make up yang menempel di wajah dan mata. Padahal resikonya dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Ada beberapa tips membersihkan make dengan benar, berikut cara dan ulasanya.

Mencuci Tangan

Sebelum membersihkan make up, sebaiknya anda mencuci tangan dengan sabun agar tangan bersih dari kotoran. Sebab tangan yang kotor akan membawa bakteri dan menempel pada alat pembersih make up. Jika alat pembersih tersebut dipakai terus menerus, hal ini bisa menyebabkan masalah pada kulit.

Bersihkan Riasan Mata

Bersihkan riasan mata seperti eyeliner, eyeshadow dan maskara hingga bersih dengan menggunakan make up remover. Dalam menggunakan make up remover untuk membersihkan area mata dan sekitarnya anda harus berhati-hati, jangan sampai terkena mata karena bisa menimbulkan iritasi.

Bagi yang tidak suka mengunakan make up remover disebabkan terlalu keras atau tidak cocok dengan kulit, anda bisa menggunakan bahan lain sebagai make up remover seperti, baby oil, milk cleanser, minyak zaitun, atau bahan lain yang cocok di kulit.

Membersihkan Wajah Menyeluruh

Basuh wajah dengan air dan gunakan pembersih yang lembut untuk membersihkan seluruh bagian wajah, lalu pijat secara perlahan, sebab jika memijat terlalu kuat maka . Memperhatikan semua bagian pada wajah, jika masih terlihat ada sisa make up, maka bisa menggunakan kapas basah untuk menghapusnya. Kemudian bilaslah wajah hingga bersih dengan air dingin, fungsinya agar pori-pori tertutup.

Pilih Pembersih Sesuai Jenis Kulit

Menggunkan makeup remover belum tentu membuat kulit wajah kita bebas dari makeup seluruhnya. Gunakan milk cleanser dan dilanjutkan dengan toner. Namun, memakai toner disarankan bagi wanita yang yang memiliki kulit yang berminyak karena fungsi toner selain mengangkat sisa makeup juga bisa menghilangkan minyak pada kulit wajah.

Menggunakan air dan sabun untuk pencuci muka dengan air hangat untuk membasuh wajah. Setelah itu, bilas kembali wajah menggunakan air dingin. Kemudian wajah dikeringkan menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk secara halus.

Jika riasan wajah anda cukup tebal, baiknya gunakan foundation agar make up yang menempel pada wajah dapat terangkat dengan benar. Tuangkan pembersih wajah pada kapas, lalu mulailah membersihkan pada bagian tengah wajah dengan gerakan memutar keatas hingga melewati bagian kuping Anda. Setelah itu, jangan lupa basuh dengan air atau bersihkan dengan sedikit sabun cuci muka.

Kenali Jenis Make Up

Menggunakan cleansing oil merupakan salah satu cara ampuh yang dapat digunakan untuk menghapus waterproof mascara dan eyeliner. Pijatlah dengan lembut sehingga tekstur minyaknya dapat menghilangkan mascara dan eyeliner dengan mudah. Gunakan jari anda untuk memijat dengan gerakan memutar di area kelopak mata selama 10 menit.

Untuk pembersihan pada mata yang menjadi favorit wanita, anda harus mengenali pembersih yang sesuai dengan kulit. Pada riasan mata yang cukup tebal, disarankan jangan menggunakan tipe pembersih yang sensitif dengan kulit. Jika sudah pembersih sudah sesuai dengan kulit anda, lakukan gerakan dengan cara pulaskan jari dari dalam dan ke luar kelopak mata memakai spon. Hal ini akan membuat mata anda tambak halus.

Pembersih Yang Sesuai Jenis Make Up

Memilih pembersih dengan jenis kulit sangat wajib dilakukan untuk mengghindari kerusakan pada kulit dan menimbulkan jerawat. Untuk jenis kulit kering atau sering terasa kering setelah cuci muka, disarankan pembersih berbentuk krim atau oil. Pembersih dengan cara ini cocok untuk kulit cenderung kering agar tetap melindungi kelembapan kulit juga menghilangkan make up dengan efektif.

Sedangkan untuk kulit berminyak dan berjerawat, disarankan dengan memilih pembersih make up removing wipes. Cara membersihkan dengan tisu ini, mampu membersihkan make up dan memberikan eksfoliasi secara fisik. Sehingga minyak berlebih yang menumpuk pada bawah lapisan makeup yang memicu jerawat juga bisa ikut terangkat. Pasalnya, tisu pembersih wajah seperti ini dapat membersihkan makeup dengan maksimal.

Menggunakan Pelembab

Setelah kulit wajah sudah benar-benar bersih, anda bisa menggunakan pelembab. Pelembab untuk memberikan vitamin pada kulit wajah anda. Pelembab mempu menjaga kelembaban kulit anda.

Demikianlah informasi tentang tips membersihkan make up dengan benar. Dalam membersihkan make up, baiknya anda jangan menggosok-gosok terlalu keras, namun bersihkan sambil anda pijat secara lembut. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat.(TM/art)

Related posts

Leave a Comment