Enam Alasan Anda Harus Bersepeda

topmetro.news – Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan. Tak hanya ramah lingkungan, manfaat bersepeda juga banyak bagi kesehatan.

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia bahkan merekomendasikan bersepeda sebagai salah satu aktivitas fisik yang baik untuk dilakukan oleh anak-anak hingga orang tua.

Berikut 6 manfaat rutin bersepeda:

1. Jantung sehat:

Tak dapat dipungkiri bahwa bersepeda menyehatkan jantung. Sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini. Dengan bersepeda, sistem kardiovaskular akan lebih bugar. Ada penelitian yang menunjukkan, bahwa melakukan aktivitas fisik di luar ruangan seperti bersepeda dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular sekitar 3-7 persen.

2. Menguatkan otot:

Rutin bersepeda baik untuk meningkatkan kekuatan otot kaki, pinggul, paha, dan juga bagian lutut. Akibatnya, Anda tak mudah mengalami cedera. Bersepeda juga merupakan latihan yang baik dilakukan bagi Anda yang memiliki radang sendi di tungkai bawah.

3. Mengontrol berat badan:

Bersepeda secara rutin dapat mengontrol berat badan Anda atau mencegah obesitas. Beberapa penelitian menunjukkan, bersepeda secara konstan selama 1 jam bisa membakar sekitar 300 kalori. Seperti diketahui, kegemukan merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling berbahaya saat ini. Kegemukan atau menjadi obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, hingga stroke.

4. Meningkatkan koordinasi tubuh:

Bersepeda merupakan aktivitas fisik yang melibatkan semua bagian tubuh, sehingga meningkatkan keterampilan koordinasi tubuh. Saat bersepeda ada koordinasi antara mata hingga kaki. Kegiatan bersepeda juga dapat meningkatkan fungsi otak, mulai dari melakukan perencanaan, memori, hingga sinkronisasi.

5. Kesehatan mental:

Tak hanya kesehatan fisik yang didapatkan, tetapi juga mental. Bersepeda dipercaya dapat mengurangi stres dan depresi. Saat bersepeda, tubuh akan melepaskan hormon serotonin dan dopamin bersamaan endorfin. Hormon-hormon tersebut membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh:

Bersepeda secara rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebab, bersepeda dapat meningkatkan produksi sel-sel kekebalan dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Itulah mengapa bersepeda secara teratur dipercaya dapat memperpanjang usia dan meningkatkan kualitas hidup seseorang. Mengetahui berbagai manfaatnya, tak ada alasan lain bagi Anda untuk tidak bersepeda mulai dari sekarang. (TM-RED)

Related posts

Leave a Comment