You are here
Cara Mencari Uang di Internet dengan Menjadi Penulis Online Ekonomi & Bisnis 

Cara Mencari Uang di Internet dengan Menjadi Penulis Online

Topmetro.news – Anda  kesulitan uang namun bingung bagaimana cara mendapatkannya? Di era digital saat ini, ada banyak cara untuk mendapatkan uang. Tentu, mencari uang dimaksud tidak menjadi pekerja seperti buruh kasar. Ya, mulailah mencari uang di internet dengan menjadi penulis online. Selain praktis, uang yang bakal diperoleh pun tak sedikit jumlahnya. Lewat tips yang diberikan Topmetro.News ini, diharapkan dapat membantu siapa saja, apapun status sosialnya, dapat mencari uang di internet dengan menjadi seorang penulis online.

Jika ditelusuri di mesin pencarian Google, ada banyak orang yang berhasil mendapatkan uang dari internet dengan menjadi penulis online. Beberapa diantara mereka, hanya lulusan SMU, namun mampu menjadi seorang penulis online untuk mencari uang di internet. Produk tulisan mereka so pasti baik, dengan begitu rezeki mengalir terus ke kantong mereka. Kenapa bisa begitu?

Baca: Cara Mendapatkan Uang di Internet

Mungkin saat ini Anda hanya berpenghasilan Rp 3 juta per bulan. Padahal dengan lulusan sarjana dan bekerja di kantor, sejatinya sudah menerima pendapatan yang tak sekecil itu. Lantas, dengan gaji Rp 3 juta per bulan, selama bertahun-tahun Anda menggeluti urusan yang monoton, masuk jam 08.00 WIB, pulang jam 17.00 WIB. Belum lagi sering dimarahi atasan di kantor.

Namun dengan menjadi seorang penulis online, praktis tidak akan ada yang mengatur atau memarahi Anda. Pendapatan Anda pun tidak ada batasnya. Semua tergantung Anda, semakin rajin Anda menulis, maka semakin banyak pundi-pundi rezeki yang akan mengalir ke kantong Anda. Faktanya, menjadi penulis online, tak sedikit orang menjadikannya sebagai profesi dan sumber mata pencaharian utama, meski sebagian orang masih menganggap atau menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan.

Keuntungan Menjadi Penulis Online

 

Kebanyakan orang bermimpi menjadi penulis online. Namun bak pepatah ”ibarat parang tumpul jika sering diasah akan tajam juga” begitulah kehidupan penulis online. Saya, atau mungkin termasuk Anda jika ingin menjadi seorang penulis online yang andal, pertama harus memiliki niat dan minat untuk menulis. Menulis tentang obyek apa saja, mulai dari topik sosial, politik, budaya, ekonomi, perkotaan, olahraga, lifestyle, otomotif dan masih banyak hal yang bisa kita tuangkan ide pikiran kita ke dalam sebuah tulisan.

1. Cepat Terkenal dan Populer di Masyarakat

Cukup banyak keuntungan yang diperoleh ketika kita menjadi seorang penulis online. Yang jelas seorang penulis Online pasti lebih cepat terkenal di banding orang-orang yang tidak pernah menulis. Penulis yang produktif (maksudnya: sering menulis) akan lebih cepat populer di masyarakat. Sosok penulis secara otomatis dikenal melalui tulisan-tulisannya. Semakin aktual isu/topik yang ditulis, semakin cepat pula popularitasnya dikenal masyarakat luas. Makanya banyak kita temukan anggota DPR/DPRD yang latar belakangnya sebagai penulis. Saat mencalonkan diri sebagai anggota dewan, mereka tidak perlu repot mengiklankan diri, mempromosikan dirinya. Soalnya mereka sudah populer lewat tulisan-tulisannya yang dibaca masyarakat.

2. Praktis, Simpel, Tak Perlu Keluar Rumah

Pekerjaan seorang penulis artikel di online memang praktis dan simpel. Soalnya untuk menulis tak perlu repot-repot untuk keluar dari rumah. Menulis sebuah topik atau isu, hanya dibutuhkan keseriusan dan kerajinan. Semakin Anda serius dan semakin Anda rajin untuk menulis cepat atau lambat Anda akan menjadi seorang penulis andal. Di rumah Anda dapat menulis, mungkin sambil menjaga anak, manakala istri Anda sedang bekerja seharian di kantor. Dari pada Anda bingung memilih aktivitas, disarankan mulailah menulis artikel online. Soalnya, keuntungannya selain mendapat uang, Anda juga lebih dikenal lewat tulisan yang Anda buat. Dengan bermodalkan laptop dan jaringan internet, tulisan Anda sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Praktis dan simpel bukan?

3. Fleksibel Waktu dan Tempat

Selain Anda tak perlu keluar rumah, Anda juga tak perlu repot dengan waktu. Dimana Anda sempat, di situ Anda bisa membuka laptop dan mulai menulis. Tidak ada yang akan melarang atau memarahi Anda lagi, seperti umumnya orang-orang pekerja kantoran yang digenjot deadline. Bahkan, ketika kita sedang bepergian ke luar kota misalnya, di stasiun kereta atau bandara kita bisa memanfaatkan waktu luang untuk menulis artikel.

4. Hitung Sendiri Pendapatan Anda!

Penulis yang andal, akan cepat terkenal. Penulis yang sudah terkenal, beberapa kali akan dipanggil dan dijadikan sebagai narasumber atau pembicara di beberapa workshop. Honornya pun lumayan sekitar Rp 2 juta hingga Rp 5 juta. Biasanya penulis cukup meluangkan waktunya selama 2 atau 3 jam untuk menghadiri workshop itu. Honor yang saya tulis itu memang kecil, karena panitianya lokal. Bagaimana kalau panitia pelaksana workshop itu dari perusahaan luar negeri? Tentu honornya bisa berlipat ganda, bukan?

Sekadar ilustrasi saat ini tulisan atau artikel di Indonesia dihargai Rp 35.000 untuk 700 kata per tulisan. Nah, Anda tinggal menghitung pendapatan Anda, untuk 10 tulisan sekitar Rp 350.000. Bila ada 10 orang dalam sebulan memesan tulisan, maka pundi-pundi yang bakal terisi ke kantong Anda mencapai Rp 3.500.000. Bila Anda melakukannya dengan serius, Anda bisa mendapatkan uang puluhan juta rupiah.

Panduan Menjadi Seorang Penulis Online

Pernah mendengar istilah Freelance? Itulah penulis. Untuk menjadi seorang penulis andal dibutuhkan keseriusan dan konsekuensi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, semakin sering Anda menulis, maka tulisan Anda semakin tajam dan sempurna.

Mungkin saat ini Anda ingin menjadi seorang penulis. Berikut ini Topmetro.News ingin memberi beberapa tips yang bisa membantu Anda. Jika ini dijalankan, niscaya Anda akan menjadi seorang penulis berbakat.

Banyak Membaca

Mustahil bagi seorang penulis, apabila dirinya malas membaca. Anda ingin menjadi seorang penulis, banyaklah membaca. Membaca apa saja, koran, majalah, novel, tulisan orang lain. Intinya dapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Semakin banyak Anda tahu, semakin banyak pula ide yang ingin Anda tuangkan dalam tulisan. Jadi mulailah rajin membaca.

Catat Ide Anda

Seorang penulis yang baik, Anda harus mencatat ide. Terkadang ide itu muncul tidak terencana. Kadang sedang memasak di dapur, menyuci, nongkrong bareng teman, menyetir, justru di situ ide itu muncul. Agar tidak lupa, segera catat ide itu sebagai modal dasar Anda yang akan dituangkan dalam tulisan.

Hilangkan Gangguan Pikiran

Menulis membutuhkan fokus. Fokus, maksudnya tidak terbeban pikiran. Untuk mendukungnya, biasanya seorang penulis untuk menulis di online ditemani segelas kopi. Beberapa penulis bahkan bisa sambil menonton TV atau mendengar radio. Intinya fokus, hilangkan gangguan-gangguan pikiran yang bisa membuyarkan konsentrasi Anda. Dengan kata lain, nikmatilah proses menulis Anda.

Rencanakan Tulisan Anda

Setelah mendapat ide, rancanglah topik untuk mendukung ide-ide itu. Tapi ingat, di dunia jurnalisme Indonesia biasanya tak lepas dari rumus 5 W + H + S. Maksud 5 W (Who, When, Where, What, Why). Sementara H (How). S (Sale), ini yang terpenting. Isu yang Anda tulis harus bernilai jual tinggi, menarik hingga memancing orang untuk membaca tulisan Anda. Jadi mulailah berpikir dan menulis dengan topik yang menarik dan punya nilai jual.

Minta Teman Baca Tulisan Anda, Minta Kritik Darinya

Setelah tercipta sebuah tulisan, tak ada salahnya meminta teman untuk membaca tulisan Anda. Ini perlu! Jangan-jangan teman Anda sendiri tidak mengerti apa yang Anda tulis. Itulah manfaatnya, perlunya tulisan itu diberikan ke teman dan minta responsnya terhadap tulisan itu.

Coba Kirim ke Media

Anda juga berkesempatan mengirimkan naskah tulisan Anda ke media termasuk media cetak. Untuk kota Medan (Sumatera Utara), standar tulisan/artikel yang diterima itu terdiri atas 4.000 hingga 6.000 karakter, tulisan harus original (asli) tidak ciplakan, menyadur tulisan orang lain. Artinya tulisan yang dikirim ke media benar-benar buah pikiran Anda tentang menyikapi sebuah hal yang sedang terjadi di kehidupan sosial saat ini. Jika tulisan Anda berhasil ditayang di media itu, Anda tentu akan memperoleh honorarium yang lumayan jumlahnya.

Jangan Pernah Menyerah, Perbanyak Latihan

‘Penyakit’ yang biasanya dialami penulis pemula, mereka biasanya cepat menyerah. Ketika tulisan mereka tidak ditayangkan di media itu. Hal ini tidak disarankan. Buang jauh-jauh, jangan pernah menyerah. Bandingkan tulisan anda selanjutnya perbaiki. Lengkapi hal-hal yang dianggap belum lengkap untuk memperkaya dan memperdalam tulisan itu.

Peluang yang Didapatkan Menjadi Penulis Online

Berpeluangkah menjadi penulis online? Jawabnya ‘sangat’! Berikut ada banyak peluang yang Anda peroleh ketika Anda menjadi penulis online. Semuanya pasti menguntungkan. Selain pamor Anda akan lebih dikenal masyarakat luas, Anda pasti akan menerima sejumlah uang yang nilainya tidak sedikit.

1. Freelance atau Penulis Lepas

Seiring perkembangan teknologi, di era digital sekarang ini  banyak bermunculan website-website yang ada di internet. Faktanya menurut survei, setiap detik ada sekitar 50 ribu-an domain yang telah didaftarkan penggunanya. Fakta ini tentu akan menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi Anda terutama yang memiliki bakat seorang penulis lepas online.

Ingin tahu domain website yang membutuhkan keahlian Anda sebagai penulis? Beberapa website malah terang-terangan membuka lowongan untuk penulis yang siap membayar Anda dengan harga tinggi. Tak percaya? Silakan kunjungi www.ContentWritter.com. Website yang berdiri sejak 2010 ini telah membuka lowongan pekerjaan bagi penulis online setahun setelah itu (sejak 2011). Sepertinya mereka ini memberi honor penulis artikel yang lebih tinggi dibanding situs-situs jasa penulisan artikel lainnya. Jika Anda ingin bergabung menjadi penulis lepas di sini, Anda bisa mencari lebih dalam informasinya di sana.

Website lainnya ArtikelQ.com. Memang domain ini tergolong baru, namun untuk bergabung ke grup penulis di website ini, Anda harus siap ditesting dan diinterview. Istimewanya, website yang satu ini juga siap membayar Anda dengan harga tinggi untuk setiap artikel yang berkualitas.

2. Penulis Blog

Selain menjadi freelance, Anda juga bisa menjadi penulis blog. Seorang penulis blog yang Anda, pasti menyajikan tulisan yang berkualitas dan original. Anda dapat memproduksi beberapa tulisan yang berkualitas di blog Anda sendiri. Semakin banyak pembaca yang masuk ke blog Anda, maka semakin banyak pula rezeki yang akan masuk ke kantong Anda.

Caranya, Anda hanya mempromosikan tulisan-tulisan itu di media sosial atau media berita online. Jika tulisan Anda dirasa menarik, orang akan membacanya bukan? Selanjutnya Anda tinggal mendaftarkan blog Anda ke Google, sebagai perusahaan mesin pencari terbesar di dunia. Setelah terdaftar Google akan menampilkan iklan-iklan di blog Anda. Kalau itu terjadi, siap-siap pundi-pundi rezeki Anda bakal terisi penuh. Namun, sebagaimana sudah dijelaskan di atas, tulisan atau karya Anda harus original, tidak saduran (plagiasi). Betapapun baik buruknya tulisan Anda, yang jelas Google lebih menyukai tulisan yang original.

Cukup sekian dulu testimoni tentang cara mendapatkan uang dengan menjadi penulis online yang bisa disajikan. Harapannya, melalui tulisan ini pembaca Topmetro.News merasa terpanggil untuk dapat menjadi seorang penulis online. Karena banyak yang akan Anda dapatkan dengan menjadi seorang penulis. Semoga! (art)

1.160 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment