You are here
Komite Wasit PSSI Istirahatkan Maulana Nugraha Wasit Laga Bali United vs PSMS Medan Olahraga 

Komite Wasit PSSI Istirahatkan Maulana Nugraha Wasit Laga Bali United vs PSMS Medan

topmetro.news – Nasib sial, dialami wasit Maulana Nugraha yang pernah meraih penghargaan wasit terbaik di Liga Indonesia, ketika itu Indonesia Super League (ISL) 2014. Kini, Komite Wasit PSSI memberi hukuman dengan mengistirahatkan wasit Maulana Nugraha, yang dinilai tidak tidak adil dalam memimpin pertandingan, pada saat laga Bali United versus PSMS Medan di Liga 1 Indonesia Baru, berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Minggu (25/3/2018) lalu, yang dimenangkan Bali United dengan skor 1-0.

Setelah melihat Maulana Nugraha ketika menjadi wasit memimpin pertandingan Bali United vs PSMS Medan, ada beberapa kejanggalan dan telah merugikan salah satu tim, setelah dalam penilaian Komite Wasit PSSI melihat langsung wasit Maulana Nugraha memimpin, ataupun dari rekaman pertandingan.

Hukuman atas wasit Maulana Nugraha diumumkan resmi oleh PSSI yang disampaikan langsung oleh, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, pada Rabu (28/3/2018) di Jakarta. Joko Driyono menyatakan, keputusan yang diambil oleh Komisi Wasit dan Komisi Displin PSSI sangat perlu dilakukan, untuk menjadikan kompetisi Liga 1 Indonesia baru 2018 ini menjadi suatu kompetisi yang berkualitas.

Bukan Keputusan Tanpa Dasar

” Keputusan dilakukan bukanlah keputusan sembarangan dan tanpa dasar. Terlihat jelas dari rekaman ulang pertandingan yang disaksikan Komite Wasit PSSI, ada beberapa pelanggaran keras, tapi wasit Maulana Nugraha tak mengambil keputusan untuk menghukum, dan hal itu terlihat wasit yang memimpin pertandingan itu tidak tegas,” kata Joko.

Joko kembali menuturkan, pelanggaran yang disengaja dan terlihat jelas wasit Maulana Nugraha ketika pemain asing Bali United asal Belanda, Nick Van der Valden sangat jelas melakukan pelanggaran keras terhadap striket PSMS Medan, Sadney Urikhob, yang tak jauh dari posisi wasit. Velden melakukan pelanggaran dengan mengangkat kaki ke bagian paha kiri Sadney Urikhob yang langsung terjatuh kesakitan.

Wasit Terbaik Tahun 2014

Atas pelanggaran yang dilakukan Velden itu, wasit Maulana Nugraha yang pernah mendapatkan penghargaan wasit terbaik di tahun 2014 ISL ketika itu, hanya memberikan kartu kuning kepada Velden, seharusnya hukuman tersebut lebih berat bisa-bisa diberikan kartu merah, karena dengan sengaja melakukan pelanggaran yang mengibatkan pemain lawan cedera.

” Setelah melihat dari hasil rekaman ketika Velden melakukan pelanggaran terhadap Sadney Urikhob itu, sangat ekstrem dan tidak menunjukkan permainan sepakbola yang fair play. Dan ini menjadi perhatian seluruh pengurus PSSI. Kami akan tetap melakukan pemantauan kinerja wasit, dan PSSI tetap melakukan evaluasi terhadap kinerja wasit usai memimpin satu pertandingan. Ini menjadi pelajaran penting bagi wasit-wasit lainnya, harus jeli melihat kejadian di lapangan ketika bertanding, dan harus fair play tanpa memihak kepada satu tim,” ungkap Joko Driyono. (TM-YOFE)

761 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment