You are here
SPBU Jual BBM Bersubsidi Pakai Jerigen Kota Medan 

SPBU Jual BBM Bersubsidi Pakai Jerigen

Topmetro.news – SPBU jual BBM bersubsidi pakai jerigen. Hal itu terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) nomor 14203179 di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Tanjung Morawa-Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Senin (2/4/2018). Di SPBU itu BBM bersubsidi jenis Premium bebas diperjualbelikan kepada masyarakat yang menggunakan jerigen.

Juniarto, selaku pengawas SPBU yang dikelola PT Nalela ini ketika diwawancarai wartawan mengaku hal itu terjadi lantaran kurang pengawasan.

“Kurang pegawasan itu, bentar biar dikondisikan dulu (dilarang),” ujar Juniarto sambil mendekati tempat pengisian (tabung) jenis premium.

Setelah Dilarang, Pindah

Kemudian Juniarto melarang para pengendara mengisi premium dengan menggunakan jerigen. Setelah dilarang, para pengendara dengan membawa jerigen langsung berpindah ke tempat (jalur) pengisian BBM jenis pertalite.

Seusai melarang masyarakat mengisi premium menggunakan jerigen, Juniarto kembali mendatangi wartawan dan mengatakan di SPBU yang diawasinya itu tidak boleh mengisi BBM bersubsidi menggunakan jerigen. “Di sini tidak boleh, itulah sudah kita larang tadi,” katanya.

Untuk Babat Rumput

Namun, dirinya mengakui ada juga masyarakat yang membawa jerigen membeli 3 liter premium. “Ada juga membeli 3 liter premium untuk mesin babat (membabat rumput),” terangnya.

Juniarto mengakui kini BBM jenis premium dijatah masuk ke SPBU yang dia awasi. “Premium dijatah sekali kirim berkisar 8 ribu liter, kadang datang 3 hari sekali. Sedangkan Pertalite berkisar 24 ribu liter per hari,” jelasnya.

Premium Pertalite dan Pertamax Kosong

Di lokasi yang tidak jauh dari SPBU Nomor 14203179 ada SPBU Nomor 14203163. Anehnya, saat di SPBU PT Nalela itu kebanjiran BBM jenis Premium, di sini malah kehabisan BBM berbagai jenis. Diantaranya Premium, Pertalite dan Pertamax.

Ketika diwawancarai wartawan, Supardi pengawas SPBU 14203163 mengatakan pesanan BBM-nya belum datang. Dirinya mengaku biasanya pesanan BBM itu datangnya setiap hari untuk jenis Pertalite. “Kalau Premium terkadang 3 hari sekali, sama dengan Pertamax,” ucapnya.

Dirinya menuturkan mobil tangki dari Pertamina datangnya setiap sore atau malam hari. Namun dari semalam (red, Minggu) sampai hari ini BBM dari pertamina belum ada datang. “Mungkin nanti sore masuk persediaannya, biasanya jika sekali masuk BBM jenis Pertalite 16 ribu liter, Premium 16 ribu liter per 3 hari sekali masuknya,” tutupnya.(reza)

665 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment