Harga Bawang Putih ‘Mencekik Leher’, Importir Minta Distribusikan Pasokan

harga bawang putih

Topmetro.news – Harga bawang putih di pasaran Kota Medan ‘mencekik leher’ . Bahkan secara nasional, harga komoditi bawang putih merangkak naik. Pemerintah melalui Kementerian Pertanian meminta agar importir segera memasok dan mendistribusikan bawang putih menyusul dengan melonjaknya harga di pasaran hingga mencapai Rp60.000 per kilogram.

“Kami segera konsolidasi dengan importir untuk memasok bawang putih ke pasar agar harga terkendali,” kata Direktur Pemasaran dan Pengolahan Hasil Hortikultura Kementerian Pertanian Yasid Taufik di Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Sempat Rp 80 Ribu per Kilogram

Di situs resmi Info Pangan Jakarta menyebutkan, harga bawang putih tertinggi di Pasar Pramuka per hari ini Rp60 ribu per kilogram, bahkan Minggu (1/4) lalu mencapai Rp80 ribu per kilogram.

Sementara itu, di Pasar Induk Kramat Jati harga bawang putih tercatat normal sebesar Rp21 ribu per kilogram.

Kementan menilai dari data yang ada, seharusnya tidak terjadi kendala yang berarti dalam pengendalian harga bawang putih karena pasokan masih normal. Padahal sebelumnya, di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, bawang putih diperjualbelikan antara Rp23.000 hingga Rp27.000 per Kilogram. (tmn)

sumber: antara

Related posts

Leave a Comment