Tiga Calon Sekdaprovsu Diajukan ke Mendagri

calon Sekdaprov

topmetro.news – Calon Sekdaprov (Sekretaris Daerah Provinsi) Sumatera Utara, Arsyad Lubis, Hj Sabrina dan Sarmadan Hasibuan tampaknya akan bersaing ketat ‘memperebutkan’ kursi Sekretaris Daerah Provinsi Sumut. Ketiganya menjadi ranking tertinggi berdasarkan hasil Panitia Seleksi (Pansel) Lelang Jabatan Tinggi Terbuka Sekdaprovsu.

Arsyad Lubis mendapat nilai total penilaian pansel dengan skor 92,94. Hj Sabrina 91,44, dan Sarmadan Hasibuan mendapat skor 86,35. Menyusul di posisi keempat HM Fitriyus dengan skor 82,14 dan Binsar Situmorang 79,43.

“Ketiga nama dengan skor tertinggi sesuai ranking dan penilaian Tim Pansel ini sudah dikirimkan Gubsu ke Tim Penilai Akhir (TPA),” ujar Plt Sekdaprovsu Ibnu Sri Utomo didampingi Plh Kepala BKD Khoir dan Kabag Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, Ilyas S Sitorus saat temu pers, di Ruang Tengku Rizal Nurdin Kantor Gubsu, pada Senin (9/4/2018).

Ibnu mengatakan, pada 3 April Tim Pansel sudah menyelesaikan penilaian berupa assesment test, pembuatan makalah dan wawancara terhadap lima peserta lelang jabatan Sekdaprovsu. Hasilnya ketiga nama yakni Arsyad Lubis, Hj Sabrina dan Sarmadan Hasibuan mendapat skor dan rangking tertinggi.

“Pada 5 April (Kamis malam, Red) sebenarnya Pansel sudah ketemu dengan Pak Gubernur. Lantas Jumat pagi Pak Gubernur langsung berangkat ke Kemendagri, Jakarta untuk menyerahkan ketiga nama tersebut,” katanya.

Ibnu menyebut, hasil skor dan ranking tersebut diteken langsung Ketua Pansel I Nyoman Arsa (dari BKN), Sekretaris Muhyan Tambuse (birokrat/mantan Sekdaprovsu), Anggota Pansel Didik Suprayitno (Staf Ahli Kemendagri), Farid Utomo (Deputi Sesneg), dan Prof Subhilhar (akademisi).

“Jadi kemarin pas kami berada di Batam, Tim Pansel masih di Medan. Alhasil belum sempat bertemu,” katanya.

Disinggung soal waktu penetapan Sekdaprovsu baru ini sebelum atau sesudah Pilgubsu, Ibnu belum dapat memastikan. Sebab wewenang dan mekanisme itu ada di tangan TPA.

“Dalam waktu dekat dibahas oleh TPA. Komposisi TPA juga masih yang lama. Akan ada tes lagi kepada sebelum disampaikan ke presiden,” bilangnya.

Diketahui, saat ini Arsyad Lubis menjabat Kepala Dinas Pendidikan Sumut. Namanya juga sebelumnya pernah diusulkan ke Kemendagri sebagai calon Sekdaprovsu, semasa Gubsu Gatot Pujo Nugroho. Lalu Hj Sabrina adalah mantan Asisten Ekbang dan Plt Sekdaprovsu. Sekarang ia menjadi pejabat eselon I di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sarmadan Hasibuan

Sedangkan Sarmadan Hasibuan merupakan Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah Sumut, yang juga bertugas sebagai Penjabat Wali Kota Padangsidempuan. Ia juga pernah menduduki Kepala BPPT Sumut di era Gubsu Gatot Pujo Nugroho. (TM/ERRIS)

Related posts

Leave a Comment