KPU Tebing Tinggi Tetapkan Pasangan Umar/Oki Wali Kota Terpilih

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tebing Tinggi dalam rapat pleno, Rabu (15/3) menetapkan pasangan Umar Zunaidi Hasibuan dan Oki Doni Siregar sebagai wali kota dan wakili wali kota terpilih Kota Tebing Tinggi. Dalam Pilkada serentak 15 Februari 2017 lalu, pasangan Umar-Oki unggul dari kotak kosong dengan raihan 41.937 suara mengalahkan kotak kosong 16.861 suara.

Rapat pleno penetapan wali kota dan wakil wali kota Tebing Tinggi, berlangsung di aula Balai Kartini, terlihat dihadiri Sekdako H. Johan Samose Harahap mewakili Pj. Wali Kota, unsur Forkopimda. Juga dihadiri Pimpinan DPRD, pimpinan SKPD, pimpinan Parpol pendukung serta tokoh agama dan masyarakat luas.

Dalam penetapan pasangan Walikota dan Wakil Walikota Tebing Tinggi, kelima komisioner KPU, yakni Abdul Khair, Zulkifli M Hassan, Wal Ashri, Riduan Napitupulu dan Bukhori, menyatakan menerima penetapan itu. Selanjutnya, Ketua KPU Abdul Khair mengetuk palu sidang sebagai pertanda penetapan itu dapat disahkan.
Ketua KPU Kota Tebingtinggi dalam sambutannya pasca penetapan, mengatakan pihaknya patut berbangga, karena Pilkada serentak yang digelar kali ini merupakan Pilkada dengan kualitas paling baik.

“Hanya 31 kesalahan dari 280 TPS yang ada, dankesalahan itu hanya dalam soal kesalahan penulisan saja,” terang Abdul Khair.

KPU juga menyatakan terima kasih yang besar terhadap elemen masyarakat yang mendukung pelaksanaan Pilkada, khususnya kepada MUI Kota Tebing Tinggi. “Kami secara khusus mengucapkan terima kasih kepada MUI yang mendukung penuh KPU dalam pelaksanaan Pilkada. Misalnya pengumuman menggunakan hak pilih pada hari H-1 melalui pengeras suara di masjid-masjid,” kata Ketua KPU itu.

Wali Kota terpilih Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, dalam sambutannya senada mengatakan Pilkada Kota Tebingtinggi kali merupakan yang terbaik. Alasannya, jika dilihat dari persentase warga yang menggunakan hak pilihnya hingga mencapai 57 persen lebih dengan hanya satu pasangan calon.

“Bayangkan saja, jika dengan dua pasangan calon, niscaya jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya akan semakin tinggi,” ujar petahana yang kembali terpilih itu.

Ketua KPU Abdul Khair, mengatakan usai penetapan pihaknya segera mengirimkan berkas ke DPRD Kota Tebingtinggi. Selanjutnya, DPRD akan mengeluarkan rekomendasi untuk meminta pengesahan pasangan Umar-Oki sebagai wali kota dan wakil walikota untuk selanjutnya menentukan jadwal pelantikan. (TMD/010)

Advertisement

Related posts

Leave a Comment