Genjot Pasar Ekspor, Wagubsu Dukung GPEI Sumut Launching Kontainer Bersertifikasi Halal

kontainer-bersertifikasi-hhalal

Topmetro.News – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Nurhazijah Marpaung mendukung rencana Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumatera Utara meluncurkan kontainer bersertifikasi halal. Pasalnya produk halal memiliki peluang pasar yang sangat besar seiring dengan bertambahnya populasi umat Islam di dunia. Untuk menjamin kualitas dan daya saing produk halal di pasar global, kontainer bersertifikasi halal merupakan salah satu logistik penting yang harus diperhatikan.

“Produk halal itu maksudnya proses pengelolaan produk dan aliran material di seluruh rantai pasok sesuai dengan standar halal. Termasuk memastikan kontainer yang membawa produk itu halal, artinya tidak terkontaminasi dengan produk atau material lain yang non halal, ” ujarnya saat membuka Dialog Produk Halal dengan Kontainer Halal Menembus Pasar Dunia di Aston Hotel Medan, Kamis (31/5/2018).

Selain itu, menurut Wagubsu, kontainer bersertifikasi halal akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk mengkonsumsi produk halal. Selain daya beli yang juga menentukan, kata Nurhajizah, memberikan pelayanan total yang menjadi kebutuhan konsumen muslim sesuai aturan Islam juga tidak boleh diabaikan.

Nurhajizah mengapresiasi GPEI Sumut atas inisiatifnya dalam menyelenggarakan dialog. “Saya berharap dialog ini dapat membahas secara mendalam dan universal cara-cara yang lebih baik dalam menyusun standar untuk menghasilkan produk-produk halal, sekaligus juga membahas bagaimana standar itu diterapkan tanpa memberatkan konsumen,” katanya.

Eksportir Diharap Bantu UKM

Wagubsu mengimbau kepada para eksportir yang hadir untuk membantu para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Sumut memasarkan produk-produk lokal ke pasar global. Menurutnya, banyak produk-produk UKM lokal Sumut yang unggul, hanya saja pelaku-pelaku UKM masih perlu dibimbing untuk melakukan sertifikasi halal.

Sebelumnya Khairul Mahalli, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) GPEI menyampaikan bahwa GPEI Sumut bekerja sama dengan berbagai pihak berencana untuk meluncurkan sertifikasi kontainer halal sebelum tahun 2018 berakhir.

“Di sini kami sampaikan, kita ingin wujudkan Sumut menjadi provinsi pertama yang memulai kontainer bersertifikasi halal. Untuk itu, kami mohon dukungan dari Ibu Wagub, kita akan launching nanti sebelum tahun 2018 berakhir, bagaimana produk halal harus pakai kontainer halal dalam rangka menembus pasar dunia,” ujar Khairul.

GPEI Genjot Pasar Ekspor

Khairul menegaskan GPEI akan terus berupaya meningkatkan ekspor dan membantu para pelaku UKM lokal di Sumut. Beberapa strategi yang telah disiapkan untuk mencapai tujuan tersebut yakni mencerdaskan para pelaku usaha kabupaten/kota dengan memfasilitasi pelatihan-pelatihan, memberdayakan, dan mensejahterakan pelaku usaha UKM dengan memanfaatkan teknologi-teknologi digital masa kini.

Selain Dialog Produk Halal dengan Kontainer Halal Menembus Pasar Dunia, acara juga dirangkai dengan Pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) GPEI Sumut Periode 2018-2023. Adapun Ketua DPD GPEI Sumut yang baru dilantik yakni Landen Marbun SH.

Hadir di sana, mewakili Kepala Otoritas Jasa Keuangan Sumbagut Anton Purba, Sekretaris Jenderal Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Erwin Taufan, Ketua Umum DPP Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Asdeki) Muslan AR, Ketua Dewan Pembina Asdeki Sungkono Ali, mewakili Majelis Ulama Indonesia Sumut Prof Basarudin, Stakeholder Pelabuhan Belawan, dan para pengurus asosiasi lainnya.(erris)

Related posts

Leave a Comment