5 Cara Membuat Powerbank Awet Selama Mudik

powerbank

topmetro.news – Kini, smartphone kini tak bisa lepas dari penggunaan tiap harinya. Powerbank pun menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang.

Alhasil, powerbank kerap dianggap sebagai penyelamat saat baterai smartphone kamu sudah tak mampu memberikan pasokan daya saat digunakan sehari-hari.

Namun, penggunaan yang keliru juga dapat berdampak buruk terhadap daya tahannya.

Khusus bagi kamu yang berpergian mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri, powerbank pasti menjadi salah satu perangkat vital yang dibutuhkan untuk mengisi daya smartphone. Nah, jangan sampai penyimpan daya yang kamu gunakan di tengah jalan mudik tiba-tiba mati atau rusak.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan agar powerbank tahan lama? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui saat merawat powerbank.

1. Isi Ulang Hanya Ketika Butuh

Usahakan untuk mengisi powerbank saat dalam kondisi daya minimum, dan langsung cabut dari stop kontak ketika lampu indikator tanda baterai sudah penuh menyala. Ada baiknya mengisi daya saat indikator baterai tinggal satu bar saja. Atau memang akan melakukan perjalan jauh yang tak memungkinkan akses ke stop kontak.

2. Tak Boleh Gunakan Smartphone

Adakala kamu memiliki dorongan untuk menggunakan smartphone saat terhubung ke powerbank. Apa pun aktivitas yang hendak kamu lakukan, upayakan agar menunggu ponsel terisi penuh terlebih dahulu.Terkecuali di saat-saat darurat tentunya. Hal ini dilakukan agar baterai ponsel dapat terisi dengan lebih cepat tanpa gangguan penggunaan seperti jelajah media sosial atau bermain gim.

3. Hindari Suhu Ekstrim

Seperti barang-barang elektronik lainnya, jangan meletakkan alat ini di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung atau sumber panas lain. Tak hanya panas, udara yang lembab dan intensitas air yang tinggi juga harus kamu hindari. Ada baiknya untuk membungkus powerbank agar suhu yang melingkupinya tetap normal.

4. Jangan Sampai Terjatuh

Sama halnya dengan kebanyakan alat elektronik, powerbank termasuk benda yang rentan rusak apabila terjatuh atau terbentur. Jika terkena benturan keras kinerja dari komponen baterai di dalamnya pun akan berkurang, atau tak menutup kemungkinan tidak bisa digunakan lagi.

5. Jauhkan Dari Barang Elektronik Lainnya

Selain suhu panas, lembab, dan basah, ada baiknya kamu tidak meletakkan alat ini dekat dengan alat elektronik lain yang menimbulkan medan magnetik. Gelombang magnetik yang dihasilkan oleh keduanya akan saling bertabrakan sehingga menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang. (TM-RED)

sumber: liputan6.com

Related posts

Leave a Comment