Tips Ampuh Menghemat Baterai Ponsel

baterai ponsel

topmetro.news – Guna mempertahankan daya tahan baterai smartphone (ponsel), saat ini memang sudah tersedia perangkat baterai portable (powerbank) yang bisa menjadi penyelamat ketika berada di luar rumah. Namun, penggunaan powerbank yang tidak bijak juga bisa membuat daya tahan baterai ponsel berkurang.

Untuk mempertahankan daya baterai ponsel agar lebih tahan lama, berikut cara manual yang praktis dan aman untuk dilakukan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Atur Kecerahan Layar

Layar smartphone yang terlalu terang memberi andil besar dalam mengurasi daya baterai. Di beberapa tipe smartphone memang sudah tersedia fitur Auto-Brightness untuk membantu menyesuaikan pengaturan brightness di berbagai kondisi. Sayangnya, dengan memilih pengaturan layar Auto-Brightness, baterai smartphone justru menjadi lebih boros. Jadi, sebaiknya atur tingkat kecerahan layar secara manual saja.

2. Atur Waktu Sleep

Semakin lama smartphone menyala, daya baterai yang terkuras tentunya akan semakin banyak. Cara mengakalinya, atur waktu sleep atau screen timeout ke dalam waktu yang lebih pendek, sehingga layar bisa lebih cepat padam.

3. Power Saving Mode

Baterai smartphone juga bisa dihemat melalui fitur Power Saving Mode. Caranya adalah dengan masuk ke Settings – Battery – Power, lalu aktifkan Battery Saver.

4. Matikan Fitur GPS

Bila tidak sedang digunakan, sebaiknya nonaktifkan akses aplikasi ke layanan lokasi (GPS) karena fitur ini bisa menyedot daya baterai yang besar. Hidupkan kembali fitur ini jika kamu ingin menggunakan aplikasi yang membutuhkan GPS.

5. Nonaktifkan Mode Getar

Dibandingkan mode nada dering, mode getar justru membuat baterai smartphone lebih cepat terkuras. Jadi sebaiknya nonaktifkan fitur tersebut, baik saat ada SMS atau panggilan masuk, maupun saat ada notifikasi dari aplikasi tertentu. Cukup gunakan nada dering saja tanpa getar dengan volume suara yang bisa disesuaikan.

6. Perhatikan Aplikasi yang Berjalan

Terlalu banyak menggunakan aplikasi juga membuat baterai cepat habis. Karenanya, selalu perhatikan aplikasi apa saja yang berjalan di background. Masuk ke menu Settings – Battery, dan cari Battery Usage. Di sana akan terlihat aplikasi apa saja yang mengonsumsi daya baterai paling banyak, sehingga ke depannya kita bisa menggunakan aplikasi tersebut secara lebih bijak. Atau bila memang tidak perlu, baiknya aplikasi yang boros baterai itu segera di-uninstall.

7. Jangan Pakai Live Wallpaper

Penggunaan Live Wallpaper atau gambar yang bergerak-gerak membuat baterai smartphone lebih cepat terkuras. Jadi sebaiknya pilih wallpaper statis saja.

8. Aktifkan Airplane Mode

Saat berada di tempat yang tidak terjangkau jaringan seluler dari operator telekomunikasi, atur smartphone ke menu Airplane mode agar daya baterai tidak terbuang percuma. (TM-RED)

sumber: beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment