10 Tips Memperpanjang Usia Mobil

TOPMETRO.NEWS – Tak ada yang lebih menyedihkan bagi para pemilik mobil selain melihat kendaraan mereka rusak, memerlukan perbaikan mahal, atau tak enak lagi dikendarai. Akan tetapi, harus disadari pula bahwa terkadang kerusakan mobil turut dipengaruhi ketelatenan sang pemilik.

“Perhatikan mobil Anda, dan mobil Anda akan balik memperhatikan,” kata Director of the Motor Industry Workshop Association (MIWA), Vishal Premlall, seperti dikutip dari Suara.com beberapa waktu lalu.

Premlall pun membeberkan 10 tips perawatan untuk memperpanjang usia mobil serta menghindari ongkos perbaikan tinggi. Berikut penjelasannya:

1. Baca buku manual kendaraan
Banyak sekali pembeli kendaraan yang malas membaca buku manual mereka dan hanya membiarkannya berdebu di laci. Padahal, dengan membaca buku manual kendaraan, Anda dapat mengetahui rentang waktu servis rutin ke bengkel, demi menghindari problem berbiaya mahal di sistem pendinginan, drivetrain, suspensi dan komponen lain.

2. Lihat kondisi aki secara rutin
Pengecekan kondisi aki bisa dilakukan sendiri, dalam waktu yang tak lama. Hal ini makin wajib dilakukan untuk mobil yang tak selalu dipakai. Setiap aki memiliki indikator kondisi aki dan panduan singkat untuk melihatnya.

3. Cek oli, filter oli dan cairan lain secara berkala
Cek kondisi air radiator, oli mesin, oli transmisi, oli power steering, oli rem, serta filter oli secara berkala. Biasanya, jangka waktu pemeriksaan semua komponen ini dilakukan berbarengan dengan servis rutin ke bengkel. Tapi, tak ada salahnya Anda menengoknya sendiri sebulan sekali, kecuali jika Anda melihat adanya tetesan oli di bawah kendaraan.

4. Peduli pada kampas rem
Jadilah sensitif terhadap kondisi kampas rem (brake pads). Hal ini, selain dilakukan dengan cara mengemudi yang tak agresif, juga dilaksanakan lewat pemeriksaan rutin. Kampas rem yang terlampau tipis hingga menyentuh bagian metal akan merusak cakram rem serta kaliper rem yang berbanderol lebih mahal.

5. Merotasi ban
Melakukan rotasi pada ban perlu dilakukan, karena bagian karet yang habis pada setiap sisi ban tidaklah sama. Merotasinya secara diagonal (menyilang) akan memperpanjang usia ban. Jangan lupa pula cek tekanan udara pada ban secara rutin.

6. Rem tangan
Gunakan rem tangan secara reguler, khususnya saat parkir. Hal ini akan membuat rem tangan menyesuaikan diri dengan roda belakang mobil dan membuat umurnya lebih panjang.

7. Jangan cuek pada hal-hal kecil
Jangan abaikan suara berdecit pada mobil saat berkendara dan segera cari sumbernya. Selain itu, segera betulkan hal-hal kecil yang rusak, termasuk aksesoris standar kendaraan.

8. Cuci dan buat wangi mobil
Cucilah mobil Anda tanpa perlu menunggunya menjadi sangat kotor terlebih dahulu, agar tak ada komponen yang berkarat. Sedot debu di dalam kabin, serta rutin pergi ke salon mobil untuk melapisi plus melindungi cat pada bodi dan membuat wangi kendaraan.

9. Ikuti forum online
Ikutilah forum online yang membahas soal perawatan kendaraan. Banyak ilmu yang akan didapat di sana dan ini membuat Anda mengetahui potensi masalah sebelum itu menjadi besar.

10. Jaga visibilitas
Visibilitas kendaraan yang baik tentunya turut membantu meminimalisir terjadinya insiden. Dengan begitu, kerusakan kecil ataupun besar, serta ongkos perbaikan yang bersifat tak diduga pun bisa dihindari. Gantilah wiper setahun sekali, atau saat karet wiper tak efektif lagi bekerja.(TMN)

Related posts

Leave a Comment