Ini Dia, Sosok Pj Gubsu Eko Subowo yang Dilantik Besok

Pj-Gubsu-Eko-Subowo

Topmetro.News – Besok, Jumat (22/6/2018) Pj Gubsu Eko Subowo dilantik. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen BAK) Kementerian Dalam Negeri ini dipercaya menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara. Itu setelah berakhirnya masa jabatan Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi MSi dan Wagubsu Dr Hj Nurhajizah Marpaung 17 Juni 2018 lalu.

Sosok Eko Subowo yang tercatat berdomisili di Jalan Kebon Sirih No.21 JAK-PUS itu diketahui cukup dikenal di kalangan birokrat. Dia lolos hasil evaluasi ketat setelah beberapa nama lainnya juga mencuat cukup alot diantaranya Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumut Kaiman Turnip saat dikonfirmasi membenarkan kabar yang didengarnya Pj Gubsu memang salah seorang Dirjen eselon 1 Kemendagri. Hanya saja beliau juga belum memaparkan secara jelas siapa nama figur dirjen dimaksud. “Kabarnya salah seorang dirjen. Namanya belum jelas kita terima. Tunggu saja la ya,” tuturnya.

Adapun, pasca berakhirnya masa jabatan Erry Nuradi 17 Juni 2018, spekulasi figur yang akan ditugaskan pemerintah pusat menduduki jajabatan Pj Gubsu merupakan topik paling alot di kalangan birokrat dan aparatur jajaran Pemprovsu. Suasana semakin alot karena kuat prediksi figur dimaksud memang didrop dari pusat mengingat pejabat eselon 1 di jajaran Pemprovsu saat ini hanya Hj Sabrina yang menjabat Sekdaprovsu dan kini mendapat amanah selaku Plh Gubsu.

Posisi Cukup Strategis

Posisi Pj Gubsu ini sangat strategis mengingat Gubsu dan Wagubsu terpilih yang merupakan hasil Pilkada serentak 27 Juni 2018 ini diperkirakan dilantik pada paruh penghujung akhir tahun ini sehingga rentang waktu untuk Pj Gubsu akan relatif panjang sehingga memerlukan tokoh atau figur yang benar-benar piawai dan berpengalaman memimpin Sumut di masa transisi.(erris)

Related posts

Leave a Comment