Marc Marquez Kampiun di MotoGP Belanda 2018

marc marquez

topmetro.news – “Baby Alien” Marc Marquez tim Repsol Honda tetap menunjukkan performa terbaiknya. Bersaing hingga akhir balapan bersama Alex Rin, Vinales, Valentino Riossi dan Lorenzo, Marc Marquez tampil menjadi kampiun pada balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen berlangsun, pada Minggu (1/7/2018). Menyusul di belakang Marquez ditempat kedua yakni Alex Rins dan Maverick Vinales yang tampil prima dalam balapan itu.

Menjalani 26 lap balapan yang menghabiskan waktu 41 menit menit 13,863 detik, Marquez memberikan perlawan kepada seluruh rivalnya. Marc Marquez unggul 2,269 detik dari Rins yang menempati posisi kedua. Sementara posisi ketiga ditempati Vinales yang terpaut 2,308 detik.

Persaingan sengit terjadi pada awal balapan. Lorenzo, Marquez, Rossi dan Dovizioso bersaing cukut ketat di rombongan depan. Lorenzo tampil dengan baik dengan tampil di depan hingga 18 lap. Lorenzo dan Rossi sempat nyaris tabrakan pada tikungan ke-13.

Ada yang menarik di balapan kali ini. Performa Alex Rins dari tim Suzuki layak diacungi jempol. Pada lap kedelapan, pebalap Suzuki itu berhasil menyalip Dovizioso yang menempati posisi ketiga. Persaingan di baris depan terus berjalan sengit. Akibatnya, Marquez nyaris terjatuh saat balapan tersisa 15 lap. Dia hampir tergelincir setelah menyentuh Rins pada tikungan kelima dalam perebutan posisi kedua.

Dari kejadian itu, Marquez melorot ke posisi empat. Sementara Rins berhasil merangsek ke posisi dua, di belakang Lorenzo. Posisi ketiga diisi Dovizioso. Dovizioso melakukan manuver apik untuk melewati Rins. Kecepatan Ducati ikut berperan besar saat pebalap asal Italia itu merebut posisi kedua.

Dovizioso kembali memimpin balapan. Dovizioso mendapat kesempatan menyalip Lorenzo. Adu skill pun terjadi di du pebalap Ducati itu. Ketika duo Ducati bersaing, Marc Marquez yang tetap konsisten yang berada di posisi ketiga, membuat Lorenzo dan Dovizioso terkejut ketika tikungan yang mendekati garis finis, dilewati Marquez, sehingga Marquez dapat memimpin balapan.

Ketat Jelang Akhir Balapan

Persaingan kian ketat jelang akhir balapan. Dovizioso, Marquez, Lorenzo, Vinales dan Rossi terlibat aksi saling salip. Dovizioso memimpin balapan, diikuti Vinales dan Marquez. Sementara Lorenzo terpuruk di posisi keenam. Saat balapan tersisa delapan lap, Vinales memimpin balapan. Dia melewati Dovizioso yang melorot ke posisi ketiga karena juga dilewati Marquez.

Kesalahan fatal dibuat Marquez dan Vinales. Keduanya melebar setelah sempat bersenggolan. Hal ini dimanfaatkan Dovizioso dan Rossi untuk melesat ke depan. Namun, tak butuh waktu lama buat Marquez berada di depan. Dia memacu motor hingga batas maksimal untuk melewati Dovizioso dan Rossi. Rossi turut membuat kesalahan fatal saat balapan tersisa dua lap. Dia melebar saat hendak melewati tikungan pertama. Alhasil, The Doctor melorot ke posisi enam.

Marquez tetap memimpin jalannya balapan, dengan menempati posisi terdepan hingga bendera finis dikibarkan. Persaingan perebutan diposisi kedua sengit, Vinales harus puas menempati posisi ketiga, setelah Alex Rins dapat menyalip di tikungan akhir, sehingga Rins menampati posisi kedua. (TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment