You are here
Pembangunan Jalan Nasional di Samosir Terus Berlanjut Daerah 

Pembangunan Jalan Nasional di Samosir Terus Berlanjut

topmetro.news – Pembangunan infrastruktur seperti jalan nasional di Kabupaten Samosir terus berlanjut, untuk mendukung pengembangan pariwisata dan mendukung perkembangan ekonomi.

Demikian disampaikan Bupati Samosir Rapidin Simbolon kepada topmetro.news, Rabu (1/8/2018).

“Info terkini dari Kabupaten Samosir, bahwa pembangunan jalan nasional di Samosir terus berlanjut. Salah satunya adalah Jalan Tele-Pangururan,” katanya, seraya menunjukkan gambar terkait pembangunan jalan dimaksud. Dalam gambar itu terlihat proses pelebaran ke sisi tebing gunung dengan rabat beton.

Selain pelebaran jalan, kata Rapidin Simbolon, di lokasi itu juga akan dibangun saluran ‘v’ di sisi tebing. Lalu kemudian, ke arah sisi jurang juga akan diperlebar dengan rabat beton.

Dikatakannya, untuk masa yang akan datang jalan itu akan menjadi sangat strategis dan favorit sebagai pintu gerbang jalan masuk menuju Kabupaten Samosir. “Apalagi pengembangan Bandara Silangit yang sangat signifikan yang menjadi daya dorong yang sangat kuat umtuk pengembangan kawasan ini,” kata bupati.

BACA JUGA:

Pemkab Samosir Akan Kembangkan Ternak Kambing Putih

Bupati Samosir: Negara Sudah Hadir Melayani Rakyat

Pembagian Traktor Tangan

traktor tangan
Foto bersama usai penyerahan alat-alat pertanian.

Sebelumnya, Rapidin Simbolon juga menyampaikan, bahwa Pemkab Samosir melakukan upaya pengembangan kepada petani di daerah itu. Salah satunya dengan membagikan handtractor (traktor tangan) kepada para petani, yang dilaksanakan, Jumat (27/7/2018) lalu.

“Untuk memberikan semangat kepada para petani kita, pada Hari Jumat tanggal 27 Juli 2018 kembali lagi Pemerintah Kabupaten Samosir menyemangati para petani, yaitu membagi alat-alat pertanian kepada para kelompok tani. Yaitu yaitu 15 handtractor, 40 pompa air, dan dua unit cultivator,” katanya.

Sehingga dengan demikian, lanjut Rapidin Simbolon, total keseluruhan yang diberikan kepada kelompok tani selama tahun 2018 adalah handtractor 60 unit, pompa air 128 unit, dan cultivator 15 unit. “Semoga para petani kita semakin produktif,” katanya.

Pengusulan Aliran Listrik

Pada kesempatan itu, bupati juga menyampaikan, bahwa masih ada sekira 816 lagi rumah yang belum masuk aliran listrik. Dan sehubungan dengan itu, Pemkab Samosir sudah mengajukan usulan ke PLN sejak tiga bulan lalu untuk sambungan baru. Usulan serupa juga sudah disampaikan ke Menteri ESDM.

“Untuk seluruh Kabupaten Samosir, berdasarkan data terbaru ada 816 KK lagi rumah yang belum masuk listrik. Usulan ke PLN sudah ada tiga bulan yang lalu. Sedangkan ke Menteri ESDM diusulkan beberapa hari lalu, yaitu tanggal 26 Juli 2018. Kalau soal disetujui atau tidak, kita berdoa dan berharap. Info terkini, ESDM sudah melaksanakan survei di Samosir,” tutup Bupati Samosir. (TM-RAJA)

218 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment