You are here
2 Efek Samping Tomat untuk Wajah dan Cara Menghindarinya Kecantikan 

2 Efek Samping Tomat untuk Wajah dan Cara Menghindarinya

Topmetro.news – Selain memiliki segudang manfaat, ternyata penggunaan Tomat untuk wajah juga memiliki efek samping yang harus diwaspadai. Meskipun tidak menimbulkan masalah yang serius, namun efek samping Tomat untuk wajah cukup merepotkan.

Dengan kata lain, jangan sampai tujuan mengambil manfaat Tomat untuk wajah menjadi terhambat karena Anda lalai dan mengabaikan efek sampingnya.

2 Efek samping Tomat untuk wajah

Tomat memang sudah diakui sebagai buah yang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan serta perawatan kulit dan wajah. Meskipun Tomat merupakan bahan alami, tapi tentu saja ada beberapa zat yang terkandung didalamnya yang akan memberikan efek samping jika digunakan secara berlebihan.

Kandungan zat Lycopen dan Asam sitrat pada buah Tomat disebut-sebut sebagai kandungan yang harus digunakan dalam batas-batas tertentu. Sebab, kedua zat ini dapat menyebabkan beberapa masalah dikulit jika digunakan secara berlebihan.

Apa saja efek samping Tomat untuk wajah?, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Iritasi, Ruam dan Gatal

Iritasi, ruam kemerahan pada kulit dan gatal-gatal merupakan efek samping Tomat untuk wajah yang paling sering terjadi. Namun hal ini umumnya terjadi karena si pengguna memiliki alergi khusus terhadap Tomat.

Kandungan zat Lycopen pada Tomat sudah diteliti dapat menyebabkan iritasi, ruam dan gatal pada kulit dan wajah untuk Anda yang memiliki alergi khusus terhadap Tomat. Selain itu, Lycopen juga dapat menyebabkan masalah dermatik ringan bagi Anda yang tidak memiliki alergi terhadap Tomat, jika terlalu sering digunakan.

2. Kulit menjadi sensitif terhadap cahaya matahari

Taukah Anda bahwa buah Tomat juga memiliki kandungan Asam Sitrus?. Asam Sitrus merupakan salah satu agen ‘photosensitizing’ yang akan menjadikan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar Matahari. Biasanya, efek yang ditimbulkannya adalah munculnya bercak-bercak hitam kecil pada kulit jika terpapar sinar Matahari langsung.

Kedua efek samping Tomat untuk wajah diatas merupakan yang paling umum terjadi meskipun tidak dalam jumlah yang besar. Lantas bagaimana cara mengatasinya?.

Tips menghindari efek samping Tomat untuk wajah

Berikut beberapa tips sgar terhindar dari efek samping Tomat untuk wajah diatas.

  1. Sebelum menggunakan Tomat untuk memutihkan wajah atau mengatasi masalah kulit wajah lainnya, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap Tomat. Caranya mudah, oleskan getah Tomat pada area kecil dibelakang telinga, kemudian perhatikan reaksinya selama 24 jam. Jika terasa gatal, panas atau menyebabkan kulit menjadi kemerahan, itu menunjukkan bahwa Anda berpotensi memiliki alergi terhadap Tomat.
  2. Selalu gunakan buah Tomat segar yang sudah betul-betul matang. Sebab kandungan nutrisi Tomat akan berubah jika kondisinya sudah tidak segar. Begitu juga halnya dengan Tomat yang belum sepenuhnya matang.
  3. Jangan menggunakan Tomat terlalu berlebihan. Jika dalam panduan menyebutkan menggunakan satu buah Tomat, maka sebaiknya Anda tidak menambahinya dengan alasan untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.
  4. Setelah menggunakan Tomat untuk wajah, pastikan Anda membersihkan wajah dengan benar hingga Tomat yang Anda gunakan tadi tidak tersisa diwajah.
  5. Gunakan Tomat dengan bijak dan secukupnya. Idealnya menggunakan Tomat untuk wajah dalam satu minggu adalah 2-3 kali saja.

Itulah 2 efek samping Tomat untuk wajah dan cara menghindarinya. Semoga artikel ini bermanfaat!. (TM-ART)

987 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment