Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Cepat dan Permanen

cara menghilangkan komedo

Topmetro.news – Masih bingung menemukan cara menghilangkan komedo secara alami dengan cepat dan memberikan hasil permanen?.

Komedo memang tidak separah jerawat tapi cukup meresahkan karena dapat mengurangi performa penampilan Anda. Kebanyakan orang menutupinya dengan cara memakai make-up yang tebal, tapi tetap saja ini bukan solusi terbaik.

Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan komedo yang dapat Anda lakukan. Dari mulai menggunakan obat-obatan kimia, melakukan perawatan ksusus ke salon kecantikan, hingga menggunakan cara alami. Semua cara tersebut tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Namun jika Anda mencari cara menghilangkan komedo yang lebih aman, sebaiknya gunakan cara alami. Menghilangkan komedo dengan bahan alami dianggap paling aman saat ini karena bebas dari bahan kimia berbahaya. Selain itu, cara ini juga tidak memerlukan biaya yang mahal sehingga tidak membuat kantong Anda bolong.

Agar pengobatan komedo Anda dapat memberikan hasil yang permanen, ada baiknya Anda ketahui dulu apa itu komedo, penyebabnya dan cara pencegahannya.

Apa itu Komedo

Komedo adalah bintik-bintik kecil diwajah berisi lemak yang muncul akibat akumulasi sel-sel kulit mati, keringat dan minyak yang menyumbat pori-pori. Pada dasarnya, komedo berwarna putih kekuningan karena memang terbuat dari lemak. Namun, saat terkontaminasi oleh bakteri dan oksigen, komedo berubah warna menjadi hitam.

Komedo dapat muncul dibagian tubuh mana saja, tapi lebih sering muncul pada bagian tubuh yang mengeluarkan minyak lebih banyak seperti hidung, pipi, dahi dan dagu. Munculnya komedo dapat dicegah, salah satunya dengan rutin membersihkan wajah.

Setelah mengetahui lebih jelas tentang komedo dan penyebabnya, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengobatinya. Simak rekomendasi cara menghilangkan komedo secara alami, cepat dan memberikan hasil permanen berikut ini.

1. Menghilangkan Komedo dengan pasta gigi

cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi

Cara menghilangkan komedo menggunakan pasta gigi merupakan salah satu cara yang cukup aman. Selain itu, cara ini juga diakui efektif untuk menghilangkan komedo dalam waktu yang lebih cepat. Namun pasta gigi bukanlah bahan alami. Sebab, ia merupakan produk olahan pabrik yang biasanya menggunakan bahan kimia sebagai bahan bakunya.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Sebab, untuk mengatasi hal ini Anda hanya harus menggunakan pasta gigi herbal. Pasta gigi herbal terbuat dari bahan-bahan alami dan hanya sedikit mengandung bahan kimia.

Mengapa Pasta gigi dapat menghilangkan Komedo?

Pasta gigi dianggap efektif menghilangkan komedo karena mengandung bahan-bahan yang mampu mengurangi produksi minyak dan bakteri diwajah. Bahan-bahan tersebut antara lain triclosan, alkohol, mentol, hidrogen peroksida dan baking soda.

  • Triclosan merupakan bahan aktif yang bekerja sangat efektif untuk menghilangkan bakteri yang bersembunyi didalam pori-pori.
  • Sementara Mentol adalah tanaman herba yang memiliki sifat analgetik yang berfungsi sebagai antiseptic untuk menghalau kuman dan mengecilkan pori-pori diwajah.
  • Baking soda memiliki sifat basa yang berfungsi untuk menetralkan pH kulit wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih.
  • Alkohol merupakan bahan pembersih wajah yang selalu direkomendasikan dalam paket perawatan wajah. Namun, kebanyakan pasta gigi herbal tidak mengandung alkohol.

Bagaimana cara menghilangkan komedo dengan Pasta gigi?

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi sangat mudah. Oleskan Pasta gigi pada area komedo yang ingin dihilangkan dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air dingin.

Menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan komedo tidak dapat Anda lakukan setiap hari. Sebab, pasta gigi akan menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan rentan terhadap iritasi. Oleh sebab itu, gunakan cara ini setiap 3 hari sekali agar lebih aman.

2. Cara menghilangkan komedo dengan Baby oil

cara menghilangkan komedo dengan baby oil

Baby oil merupakan bahan lain yang efektif dan aman digunakan untuk menghilangkan komedo. Sebab, Baby oil mengandung Vitamin E yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit. Selain itu Baby oil merupakan produk khusus untuk merawat kulit Bayi yang dikenal paling sensitif. Sehingga Baby oil dinyatakan sangat aman saat digunakan untuk kulit wajah orang dewasa.

Meskipun demikian, Anda tidak boleh sembarangan memilih Baby oil untuk digunakan sebagai obat penghilang komedo. Sebab, setiap merk tentu memiliki kandungan dan karakteristik yang berbeda pula. Menurut beberapa pengguna menyebutkan bahwa ada beberapa merk Baby oil yang paling umum digunakan untuk menghilangkan komedo, yaitu Cussons dan Switzal.

Bagaimana cara menghilangkan komedo dengan Baby oil?

Cara menghilangkan komedo dengan Baby oil sangat mudah. Basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk membuka pori-pori, kemudian lap hingga kering dengan handuk bersih. Setelah itu tuangkan Baby oil di telapak tangan, kemudian oleskan secara merata ke seluruh wajah.

Kemudian pijat wajah secara lembut dengan menggunakan ujung jari Anda selama 10 menit. Ingat, fokuskan pemijatan pada area wajah yang bekomedo. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat dan lap hingga kering.

Biarkan suhu kulit wajah Anda kembali normal selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori wajah. Agar komedo Anda lebih cepat hilang, ulangi cara ini setiap hari.

Apakah Baby oil dapat menghilangkan komedo dengan cepat?

Cepat atau lambatnya komedo dihilangkan dengan menggunakan Baby oil tentu sangat bergantung pada kondisi masing-masing orang. Namun dari hasil wawancara tim Topmetro.news kepada beberapa orang pengguna menyatakan bahwa, pada pertama kali pemakaian Anda akan melihat perubahan yang signifikan.

3. Menghilangkan Komedo dengan Putih telur

cara menghilangkan komedo dengan putih telur

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur mungin sudah banyak diulas oleh para blogger maupun di majalah-majalah kecantikan. Hal ini bukan tanpa dasar, sebab putih telur memang memiliki berbagai nutrisi yang  bermanfaat untuk mengatasi aneka masalah kulit wajah. Untuk mengetahui apa saja nutrisi yang terkandung pada putih telur, simak ulasannya berikut ini.

Kandungan nutrisi putih telur yang bermanfaat untuk kulit wajah

  1. Putih telur mengandung Protein hewani yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan jaringan kulit. Selain itu, Protein pada putih telur juga berkhasiat untuk menjadikan kulit wajah lebih kencang dan kuat.
  2. Kandungan Potassium pada putih telur bermanfaat untuk melembabkan dan mempertahankan kelembaban sel-sel kulit wajah.
  3. Putih telur mengandung zat Riboflavin yang berguna untuk membersihkan wajah dari radikal bebas, kotoran  dan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat dan komedo.
  4. Kandungan Magnesium yang terdapat pada putih telur bermanfaat untuk mencerahkan dan memperlambat proses penuaan kulit.

Cara menghilangkan komedo dengan Putih telur

  • Siapkan 2 sendok makan putih telur yang masih segar dalam wadah yang bersih.
  • Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan lap hingga kering.
  • Oleskan putih telur secara tebal dan merata ke seluruh wajah atau ke area komedo yang ingin dihilangkan.
  • Kemudian ambil tisu dan tempelkan diatas lapisan putih telur yang telah dioleskan.
  • Oleskan kembali putih telur ke atas tisu secara merata.
  • Diamkan beberapa menit hingga mengering, kemudian lepaskan masker putih telur dan tisu secara perlahan.
  • Diamkan selama 10 menit, kemudian basuh wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya gunakan putih telur Ayam kampung atau telur Bebek. Lakukan cara ini setiap 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

4. Cara menghilangkan komedo dengan Jeruk nipis

cara menghilangkan komedo dengan jeruk nipis

Menghilangkan komedo dengan Jeruk nipis dapat memberikan hasil yang lebih cepat dan permanen. Namun tentu saja Anda harus melakukannya dengan rutin. Sebab menurut hasil dari berbagai penelitian, Jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kulit wajah.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan komedo, Jeruk nipis juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat dan memutihkan wajah. Namun jika digunakan terlalu sering, Jeruk nipis dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering bahkan iritasi.

Untuk menghindari efek samping dari penggunaan Jeruk nipis tersebut, Anda harus mengkombinasikannya dengan bahan alami lain yang bersifat melembabkan. Dan untuk menghilangkan komedo dan jerawat sekaligus, sebaiknya gunakan Madu sebagai bahan pencampurnya.

Cara menggunakan Jeruk nipis untuk menghilangkan komedo

Cara terbaik menggunakan Jeruk nipis untuk menghilangkan komedo adalah dengan mengolahnya menjadi sebuah masker wajah. Dan untuk menetralisir efek sampingnya, sebaiknya kombinasikan Jeruk nipis dengan Madu yang memiliki sifat melembabkan.

Caranya mudah, Ambil satu sendok makan air perasan Jeruk nipis dan tambahkan dengan 2 sendok makan Madu. Aduk kedua bahan tersebut secara lembut hingga tercampur secara merata.

Bersihkan wajah dengan pembersih yang biasa Anda gunakan terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan masker Jeruk nipis dan Madu secara tebal dan merata keseluruh wajah dan leher. Kemudian pijat lembut wajah Anda selama 10 menit dan lebih fokuskan pijatan pada area yang berkomedo. Setelah itu, bersihkan masker dengan air biasa dan lap kering wajah dengan handuk bersih.

Untuk dapat menghilangkan komedo secara cepat dan permanen, sebaiknya gunakan masker Jeruk nipis dan Madu ini tidak lebih dari 2 kali dalam satu minggu.

5. Menghilangkan komedo dengan Lidah buaya

cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya

Cara menghilangkan komedo dengan Lidah buaya sangat mudah. Namun, Anda harus berhati-hati dengan getah Lidah buaya. Sebab, getah Lidah buaya ini dapat menyebabkan gatal dan munculnya bintik-bintik kecil dikulit wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan Lidah buaya

Ambil dua helai daun lidah buaya segar dengan cara memotong bagian bawah daunnya. Kemudian letakkan daun lidah buaya dengan posisi berdiri selama 15 menit untuk memastikan getah lidah buaya keluar seluruhnya. Kemudian cuci bersih daun Lidah buaya dengan air. Bila perlu gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian terluar daunnya.

Setelah bersih, belah dua daun Lidah buaya dengan pisau dan ambil bagian gel Lidah buaya dengan menggunakan sendok dan tempatkan dalam wadah yang bersih.

Sebelum pemakaian pastikan Anda membersihkan wajah terlebih dahulu dengan pembersih wajah yang biasa Anda gunakan. Setelah itu, oleskan gel Lidah buaya secara merata ke seluruh wajah hingga leher sambil dipijat lembut dengan gerakan melingkar. Lakukan pijatan selama 15 menit dan lebih konsentasikan pijatan pada area komedo yang ingin dihilangkan. Setelah itu, biarkan gel Lidah buaya mengering diwajah dan kemudian bersihkan dengan air.

Agar komedo Anda dapat dihilangkan dengan cepat dan permanen, sebaiknya ulangi cara ini setiap 2 hari sekali. Ingat, selalu perhatikan reaksi yang muncul setiap kali Anda selelsai menggunakannya.

Itulah beberapa rekomendasi cara menghilangkan komedo secara alami dari Kami. Untuk mendapatkan hasil dalam waktu lebih cepat dan permanen, lakukan secara rutin dan berkesinambungan. (TM-ART)

Related posts

Leave a Comment