Pawai Ta’aruf MTQN XXVII Dimeriahkan Peserta dari Seluruh Indonesia

mtqn xxvii

topmetro.news – Pawai Ta’aruf MTQN XXVII di Jalan Diponegoro, Medan, Sabtu (6/10/2018), berlangsung meriah. Ribuan orang perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia, organisasi perangkat daerah, BUMD, BUMN, TNI dan Polri ikut serta dalam pawai tersebut.

Ada juga puluhan kendaraan hias dan marching band dari berbagai sekolah di Sumut turut memeriahkan. Pawai Ta’aruf itu digelar serangkaian MTQN XXVII, yang akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo, Minggu malam (7/10/2018) di Astaka MTQN XXVII di Jalan Pancing/Willem Iskandar Medan.

Pawai dilepas Gubsu Edy Rahmayadi beserta istri, didampingi Wagub Musa Rajekshah beserta istri di depan Kantor Gubsu. Turut hadir Walikota Medan Dzulmi Eldin beserta istri, jajaran OPD Pemprov Sumut dan Pemko Medan.

Dalam kesempatan itu, Edy Rahmayadi mengajak masyarakat Sumut untuk sama-sama mensukseskan MTQN XXVII, karena ini merupakan syiar agama. “Ini merupakan ekspresi dari seluruh masyarakat Indonesia. Dan khusus untuk masyarakat Sumatera Utara menyampaikan suka cita dalam rangka menyambut MTQ Nasional XXVII. Pada 47 tahun lalu ini terjadi di Sumatera Utara dan sekarang kembali lagi di tahun 2018. Mari kita sama-sama melaksanakan syiar ini dengan cinta kasih, karena kita sama-sama Bangsa Indonesia,” kata Edy.

Rangkaian Kegiatan MTQN XXVII

Sementara itu, seribuan masyarakat Kota Medan dan sekitarnya juga tampak antusias melihat jalannya pawai. Sejak pagi hari masyarakat sudah mulai berdatangan dan memadati ruas jalan yang akan dilewati peserta pawai.

Suasana semakin terasa meriah ketika sejumlah kendaraan hias dengan berbagai tema dan hiasan unik melintas. Terutama kendaraan hias dari luar Sumut. Seperti dari Maluku yang berbentuk perahu layar dan Sumatera Selatan berbentuk Jembatan Ampera. Juga dari provinsi lainnya yang menampilkan ciri khas daerah masing-masing.

Ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan MTQN XXVII. Sebelumnya pada Hari Jumat (5/10/2018) malam berlangsung Malam Ta’aruf di pelataran Istana Maimun Medan. Hadir para kepala daerah dan pimpinan kafilah dari berbagai provinsi di Indonesia.

Diketahui, MTQN XXVII diikuti 2.560 peserta dari seluruh Indonesia. Selain di Arena Utama (Astaka) di Jalan Pancing, musabaqah juga dilaksanakan di berbagai tempat seperti Asrama Haji, Istana Maimun, Mesjid Raya Medan dan Lapangan Merdeka.

MTQN akan berakhir pada tanggal 13 Oktober 2018 yang rencananya ditutup Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Dijadwalkan para kafilah MTQN XXVII akan meninggalkan Sumatera Utara pada tanggal 14 Oktober 2018. (TM-ERRIS)

Related posts

Leave a Comment