UKW Kerjasama PLN Sumut dan PWI, Seluruh Peserta Lulus

topmetro.news – Untuk pertama kali di Indonesia, seluruh peserta uji kompetensi wartawan (UKW) lulus. Hal itu terjadi pada UKW Muda XVIII, yang digelar PWI Sumut, bekerja sama dengan PT PLN Regional Sumut dan Kelompok Kerja Wartawan Listrik (Korwalis) Sumut, berlangsung selama dua hari, 13 dan 14 Oktober 2018.

Ketua Panitia UKW XVIII Benny Pasaribu mengatakan, sangat bersyukur karena pelaksanaan UKW kali ini, mencatatkan prestasi yang terbaik. Sebab, semua peserta dinyatakan lulus dan berkompeten.

“Pastinya kita bangga dengan pelaksanaan UKW kali ini. Dari 25 peserta yang ikut serta, semua dinyatakan lulus. Ini kebanggaan dan menunjukkan bahwa para jurnalis di Sumut sudah memperlihatkan peningkatan kapasitas, sebagai jurnalis yang profesional,” ujarnya pada penutupan UKW itu, Minggu (14/10/2018).

“Kami sebagai panitia dari Korwalis juga berterima kasih banyak pada jajaran PLN Regional Sumut. Keberhasilan UKW ini tak terlepas dari dukungan GM PLN Sumut Pak Feby, Senior Manager Pak Yadi dan Manager Komunikasi Pak Rudi. Kami berterima kasih banyak,” tambah Benny.

PLN Regional Sumut Jadi yang Pertama

Ketua PWI Sumut Hermansjah mengungkapkan, wartawan yang berkompeten di Sumatera Utara sebanyak 551 wartawan. Dengan lulusnya semua peserta UKW ke XVIII, maka wartawan yang berkompeten di Sumut sudah mencapai 576 wartawan.

“Nah, secara nasional, awalnya wartawan berkompeten sebanyak 9.501. Ditambah 25 peserta yang lulus ini, jadi 9.526 wartawan yang kompeten di Indonesia yang digelar PWI,” ungkap Hermansjah.

Selain itu, UKW yang ke-339 secara nasional yang diselenggarakan PWI itu pun, mencatatkan, PLN Regional Sumut, menjadi PLN yang pertama menggelar UKW di Seluruh Indonesia.

Sementara itu, Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Sumut, Rudi Artono, mengatakan, PLN juga bangga terlibat untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas para wartawan di Sumatera Utara.

“Kami yang bermitra dengan para wartawan juga memiliki tanggung jawab moril untuk ikut serta mengembangkan kapasitas para wartawan. Agar semua wartawan di Sumut bisa berkompeten. Harapan kami juga agar PLN bisa melaksanakan UKW secara berkelanjutan. Dan tujuannya untuk meningkatkan kompetensi wartawan,” pungkasnya. (TM-ERRIS)

Related posts

Leave a Comment