You are here
Dolar Tukar Rupiah Hingga Rp2 T, Boy Thohir Orangnya! Tokoh 

Dolar Tukar Rupiah Hingga Rp2 T, Boy Thohir Orangnya!

Topmetro.News – Dolar tukar Rupiah hingga jumlahnya triliunan rupiah, mungkin Boy Thohir orangnya. Miliarder dan pengusaha sukses di Indonesia itu bernama lengkap Dato Sri Tahir. Pria ini telah melakukan aksi Dolar tukar Rupiah dengan jumlah yang besar. Untuk transaksi itu, pria dimaksud menemui Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia (BI) di Gedung Bank Indonesia, Jalan Thamrin, Jakarta.

Dolar tukar Rupiah Perkuat Modal Perbankan

Pengusaha sukses asal Surabaya itu mengganti Dolar tukar Rupiah sebanyak 93 juta Dolar AS dan 55 juta Dolar Sin (Singapura). Total nilai uang yang ditukar itu setara dengan Rp2 triliun lebih.

Tahir mengaku aksi Dolar tukar Rupiah sebesar 93 juta Dolar AS dan 55 juta Dolar Singapura itu nantinya akan disetorkan ke Bank Mayapada sebagai modal untuk memperkuat permodalan perbankan.

“Uang tukaran ini disetor ke Bank Mayapada semuanya,” kata Tahir, Jakarta, Senin (15/10/2018).

Motivasi Tukar Dolar

Dia sempat menjelaskan motivasinya menukarkan Dolarnya ke Rupiah itu. “Kalau setor modal kita kan bisa dari uang Rupiah juga bisa dari Dolar. Kita tahu Rupiah saat ini dalam kondisi sedang mencari posisi terbaik. Sebagai warga Indonesia, apalagi kita juga sudah ikut Tax Amnesty. Jadi saya pikir daripada simpan di luar negeri, mending dikembalikan ke sini,” jabarnya.

Hal itu sebagai langkah dunia usaha sektor pertambangan yang digelutinya membantu pemerintah menstabilkan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS.

“Mudah-mudahan impactnya bagus untuk negara tercinta ini. Jadi, devisa hasil ekspor kita bisa pakai dalam bentuk Rupiah,” ujar Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi itu.

Nilai transaksi yang bisa dikonversikan dari Dolar AS ke Rupiah untuk kegiatan usaha Adaro bersama mitra kerja kontraktor selama setahun diperkirakan mencapai 1,7 miliar Dolar AS atau setara Rp 25 triliun. Sedangkan total transaksi Adaro bersama mitra kerja kontraktor itu diperkirakan mencapai 1,9 miliar Dolar AS.

Sepakat Konversi Dolar ke Rupiah

PT Adaro Energy Tbk (ADRO) bersama mitra kerja kontraktor sepakat mengonversi devisa hasil ekspor (DHE) dari mata uang Dolar AS menjadi Rupiah.

Sejumlah mitra kerja Adaro itu di antaranya PT Pertamina (Persero), PT Pama Persada, PT Bukit Makmur Mandiri Utama, dan PT Sapta Indra Sejati.

Sekadar diketahui Dato’ Sri Tahir, seorang pengusaha sukses di Indonesia. Dia juga investor, filantropis, sekaligus pendiri Mayapada Group, sebuah holding company yang memiliki beberapa unit usaha di Indonesia. Bahkan unit usahanya meliputi perbankan, media cetak dan TV berbayar, properti, rumah sakit dan rantai toko bebas pajak/duty free shopping.(*)

BIODATA

> Nama Panggilan : Boy Thohir
> Nama Lengkap : Dato Sri Tahir
> Tempat/Tgl Lahir: Surabaya/26 Maret 1952
> Kekayaan bersih: 3,8 miliar Dolar AS (2018)
> Istri Rosy Riady
> Anak: Jonathan Tahir, Grace Tahir, Jane Tahir, Victoria Tahir
> Organisasi: Grup Mayapada, Bank Mayapada

123 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment