Parlaungan Simangunsong: Tingkatkan PAD Membangun Medan Lebih Baik

kota medan

topmetro.news – Ketua Komisi D DPRD Medan Ir Parlaungan Simangunsong menilai kondisi pembangunan Kota Medan kurang maksimal. Seperti penataan parkir, perbaikan jalan, drainase, banjir, penataan reklame dan penataan estetika kota. Semua masih butuh penanganan serius.

Untuk hal itu, Parlaungan Simangunsong kepada wartawan, Jumat (19/10/2018) menyebutkan, pihaknya mendorong Walikota Medan melakukan terobosan baru mengatasi semua masalah. Seperti merangkul semua pihak untuk serius mencermati masalah sekaligus mencari solusi. “Ke depan, pihak eksekutif, legislatif, yudikatif dan masyarakat harus bersatu dan sepaham mencari solusi membangun Kota Medan lebih baik,” cetus Parlaungan.

Solusinya kata politisi Demokrat itu, Pemko Medan harus berani menaikkan jumlah APBD di Tahun 2019. Sedangkan nilai yang diajukan di RAPBD 2019 sebesar Rp5,94 triliun dinilai terlalu kecil. “Jika pemko serius, APBD Pemko Medan TA 2019 diyakini mampu mencapai Rp8 triliun. Sebab, masih banyak sumber potensi PAD yang belum tergali,” terangnya.

Potensi PAD Kota Medan

Disebutkan, banyak upaya memaksimalkan menggali potensi sumber PAD hingga pendapatan meningkat signifikan. Seperti dari pajak dan retribusi parkir, retribusi SIMB, pajak hotel, pajak restoran dan lainnya. Begitu juga dengan memberdayakan lahan tidur. Semua ASN di jajaran Pemko Medan diharapkan mampu berinovasi mendatangkan PAD.

Selain itu, Parlaungan juga mendorong seluruh OPD (organisasi pimpinan daerah) untuk melakukan lobi ke Pemvropsu dan pemerintah pusat mendatangkan Dana Alokasi Umum (DAU). Juga Dana Alokasi Khusus (DAK), bantuan bagi hasil, serta bantuan penyertaan modal lainnya.

Untuk itu Pemko Medan diharapkan melakukan pengawasan perda sejak dini. Seperti pengawasan terhadap berdirinya reklame menyalah, bangunan tanpa izin dan penataan pedagang kaki lima. “Karena untuk biaya penertiban pelanggaran perda itu saja menghabiskan biaya cukup besar. Padahal itu karena kelalaian dan tidak adanya pengawasan,” terang Parlaungan.

Untuk itulah Parlaungan menggugah Walikota Medan Dzulmi Eldin dan Wakil Walikota Ir Akhyar Nasution agar dapat menaikkan APBD pada Tahun 2019. “Pasti jumlah APBD dapat ditingkatkan, asal walikota serius,” tandas Parlaungan. (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment