You are here
Gubsu Edy Rahmayadi Berangkatkan Kontingen Popwil Sumut ke Provinsi Aceh Olahraga 

Gubsu Edy Rahmayadi Berangkatkan Kontingen Popwil Sumut ke Provinsi Aceh

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi memberangkatkan kontingen Popwil Sumut, guna mengikuti event Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) I Sumatera, ke XIV tahun 2018 di Banda Aceh, mulai 22-27 Oktober. Acara melepas kontingen Sumut mengikuti Popwil I Sumatera, sekaligus dirangkai dengan penyerahan tali asih kepada atlet berprestasi di Asian Para Games 2018 Jakarta, berlangsung di rumah dinas Gubsu, Jalan Sudirman Medan, Jumat (19/10) pagi.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berpesan kepada seluruh patriot pelajar, untuk menjunjung sikap disiplin saat mulai berangkat dari Medan hingga berada di arena laga. Menurut Edy, salah satu kunci keberhasilan seorang atlet meraih prestasi adalah menanamkan sikap disiplin dalam diri masing – masing. “Dari kecil seorang atlet harus punya disiplin yang baik. Karena prestasi diawali dengan disiplin. Tanpa disiplin sulit kita meraih prestasi. Omong kosong orang bisa berprestasi, kaya, dan sukses tanpa disiplin,” pesan Edy.

Edy juga meminta kepada atlet untuk mengeluarkan seluruh kemampuannya di arena pertandingan, dari hasil latihan selama di daerah. Apalagi sejak dahulu Sumut dikenal sebagai gudangnya atlet nasional. “Saya berharap yakinkan diri kalian bisa berprestasi. Berdoa dan berusaha kalian pasti bisa. Bercita – cita jadi orang baik. Berusaha keras kita. Selama bertanding buatlah yang terbaik,” harap Edy.

Dikatakan Edy, dengan prestasi yang dicapai tentu bisa membesarkan nama baik daerah, keluarga, dan diri pribadi. “Kami mengharapkan mereka bisa buat prestasi membesarkan Sumut, besarkan nama keluarga. Itulah orang yang punya motivasi untuk membangun Sumut kita ke depan,” harap Edy.

Pada Popwil tahun ini, Edy juga berharap kontingen Sumut bisa menorehkan prestasi terbaik bagi daerah ini. “Harus target bawa besar nama Sumut. Itulah menuju Sumut bermartabat harus berprestasi,” tegas Edy. Pada Popwil I Sumatera 2016 di Riau, Sumut hanya menduduki peringkat ketiga dengan torehan 4 emas. Sedangkan pada Popwil 2014 di Jambi, kontingen Sumut mampu tampil sebagai juara umum dengan 10 emas.

Persiapan Menuju PON 2024

Sementara itu, Ketua kontingen Sumut H Baharuddin Siagian SH MSi mengatakan, ajang Popwil Sumatera tentu harus dimanfaatkan dengan baik, untuk meloloskan atletnya menuju Popnas 2019. Maka, Baharuddin berharap para atlet bisa menjaga diri dengan baik, sehingga mental tanding tidak terganggu saat berlaga.

“Kita selain persiapkan diri mereka dengan latihan jangka panjang, mental bertanding mereka juga kita bentuk. Termasuk yang paling utama adalah menjaga kedisiplinan, dan siap menjaga diri karena sudah semakin dekat dengan pertandingan. Atlet juga jangan semakin tegang. Saya berharap ini juga sebagai persiapan jangka panjang. Yang berprestasi kita bina untuk persiapan menuju PON 2024 di Sumut dan Aceh,” kata Baharuddin.

Terkait target medali, Baharuddin menilai cabor pencak silat memang berpotensi menyumbangkan medali, karena banyak mempertandingkan nomor perorangan. Baharuddin tidak muluk – muluk, 10 medali bisa direbut melalui cabor pencak silat.
“Untuk nomor perorangan di cabor pencak silat juga menjadi fokus kita merebut medali. Makanya, pencak silat kita harapkan bisa meraih medali. Kami tidak mau hanya sebagai pengembira saja. Kalo tidak, kita akan evaluasi atlet PPLP. Target medali yang sudah kita tanya relaistis pelatih mereka bisa bawa target 10 medali. Ini target yang bukan muluk – muluk,” tegas Baharuddin yang juga menjabat sebagai Kadispora Sumut.

Sebelumnya, seluruh atlet menjalani pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) penuh mulai 21 September hingga 21 Oktober. Dijadualkan seluruh kontingen akan berangkat menuju provinsi Aceh pada 21 Oktober. Pada Popwil I Sumatera 2018, Sumut berkekuatan 120 atlet dan 50 pelatih/official, dengan mengikuti 8 (delapan) cabang olahraga yang dipertandingkan. Diantaranya sepakbola, bola voli, bola basket, sepak takraw, pencak silat, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja.

Popwil Sumatera 2018 diikuti oleh 7 (tujuh) provinsi diantaranya Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Bangka Belitung, Jambi. Total medali yang diperebutkan 158 emas, 158 emas, 187 perunggu. (TM-YOFE)

74 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment