You are here
Pemprovsu Terima Apresiasi Pembinaan ProKlim Tahun 2018 Info Metro 

Pemprovsu Terima Apresiasi Pembinaan ProKlim Tahun 2018

topmetro.news – Pemprovsu menerima Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Tahun 2018, Rabu (24/10/2018). Penyerahan apresiasi tersebut diterima Kadis Lingkungan Hidup Binsar Situmorang mewakili Gubsu Edy Rahmayadi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Kegiatan tersebut berlangsung dalam Hari Aksi Pengendalian Perubahan Iklim Tahun 2018 di Auditorium Manggala Wanabakti KLHK, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat. Menteri LHK Siti Nurbaya saat itu didampingi Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Ruandha Agung S.

Menteri LHK dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi bagi para gubernur, bupati, dan walikota se-Indonesia yang telah mampu menjaga perubahan iklim dan lingkungan di daerahnya. “Tingkatkan terus kinerja dan tetap waspada dalam menjaga perubahan iklim yang terjadi. Yakni dengan memperhatikan komponen perubahan iklim yakni adaptasi, mitigasi, dan aspek keberlanjutan,” sebutnya.

Ramah Lingkungan Hidup

Dijelaskannya, dalam aspek adaptasi dilihat dar sisi pengendalian kekeringan,banjir dan longsor; peningkatan ketahanan pangan. Sedangkan dari sisi mitigasi dilihat pada pengelolaan sampah, limbah padat dan cair; peningkatan tutupan vegetasi dan penggunaan energi terbarukan. Juga konservasi dan penghematan energi, pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan.

“Selanjutnya dari sisi aspek keberlanjutan dilihat pada kepentingan masyarakat, dukungan kebijakan, dinamika dan kapasitas masyarakat. Serta manfaat sosisl, ekonomi, lingkungan, dan pengurangan resiko bencana iklim,” ujarnya.

Sementara Kadis Lingkungan Hidup Provsu Binsar Situmorang atas nama gubernur berterima kasih kepada semua elemen masyarakat menyikapi penghargaan tersebut. Kata dia, apresiasi itu merupakan bukti bahwa Sumut aktif melaksanakan pendampingan dan pembinaan Program Kampung Iklim (ProKlim),

“Kita pantas mengucapkan syukur atas apresiasi yang diterima Sumut. Diharapkan ke depan apresiasi yang berkaitan dengan pengelolaan dan perlndungan hutan bisa kembali diraih. Sehingga bermuara pada terjaganya lingkungan dan kelestarian hutan dan makin sejahteranya masyarakat,” ungkapnya. (TM-ERRIS)

70 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment