Gubsu Tebar 45 Ribu Benih Ikan di Danau Toba

TOPMETRO.NEWS – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) H.T. Erry Nuradi menabur 45 ribu benih ikan di perairan Danau Toba sebagai upaya pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan nelayan, Rabu (22/3). Ikan yang disebar jenis Nilem (Paitan) dan Tawes hasil penangkaran Dinas Perikanan dan Kelautan Provsu tersebut bagian dari target restocking satu juta benih di perairan Danau Toba untuk tahun 2017.

Hadir mendampingi Gubsu Ketua Komisi E DPRD Sumut H Zahir, sejumlah Bupati se-kawasan Danau Toba diantaranya Simalungun, Samosir, Tobasa, Humbahas, Karo dan Wakil Wali Kota Pematang Siantar. Sementara Gubernur didampingi Kepala Dinas Perikanan Kelautan Zonny Waldi, Kepala Bappeda Irman, Kadis Perhubungan Anthony Siahaan, Kadis Pariwisata E Marbun, Plt Kabiro Otda Basarin Tanjung, Plt Kabiro Humas Ilyas Sitorus serta sejumlah pejabat lain.

Gubernur mengatakan penaburan benih ikan tersebut sejalan dengan banyaknya pengaduan masyarakat bahwa jumlah hasil tangkapan nelayan
semakin berkurang dari sebelumnya. Sehingga program ini adalah bagian dari upaya melestarikan lingkugan Danau Toba, khususnya perbaikan kualitas air juga peningkataan perekonomian nelayan.

“Jadi kami lakukan penaburan benih sebanyak 15 ribu benih ikan tawes dan 30 ribu benih ikan Nilem (paitan). Mudah-mudahan apa yang kita tabur ini bisa berkembang biak dengan baik,” ujar Gubernur usai membuka kegiatan Pra Musrenbang Wilayah Dataran Tinggi.

Tidak hanya itu, setelah menabur benih ikan yang sudah dilakukan beberapa kali di kota wisata tersebut lanjut Erry, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut berharap seluruh masyarakat dan pihak terkait bersama menjaga lingkungan Danau Toba. Dengan begitu, ikan akan mendapatkan tempat yang baik untuk berkembang biak.(TMN/Zal)

Related posts

Leave a Comment