You are here
Amitabh Bachchan, Aktor Legenda India yang Tajir Tokoh 

Amitabh Bachchan, Aktor Legenda India yang Tajir

topmetro.news – Bagi penggemar film India, terutama era 70-80-an, tentu kenal dengan Amitabh Bachchan. Dia adalah salah satu aktor paling berpengaruh di India. Bahkan pengaruhnya itu sampai menghantarnya ke dunia politik dan berhasil duduk menjadi wakil rakyat setempat.

Bachchan masuk ke dunia politik antara 1984 hingga 1987, atas dukungan Rajiv Gandhi. Namun entah mengapa, pria idola Kaum Hawa itu tak lama terjun di dunia politik. Sepertinya, darah akting yang mengalir dalam darahnya kurang sesuai dengan dunia politik. Sehingga hanya tiga tahun kemudian, Bachchan kembali ke dunia perfilman.

Baru-baru ini, nama Sang Legenda yang juga produser itu kembali menjadi ‘buah bibir’. Bukan karena aksi di layar perak. Namun karena tindakannya membantu para petani di India yang terbelit utang. Tidak tanggung, dia disebut merogoh kocek hingga Rp7,5 miliar guna melunasi utang seribuan petani di Uttar Pradesh.

Utang para petani itu sendiri timbul karena masalah kekeringan yang sangat mengganggu pertanian di daerah itu. Bahkan, tindakan para petani untuk meminjam dana dari Bank Of India, berujung pada kesusahan berkepanjangan, karena bencana kekeringan tak kunjung berakhir.

Akibatnya, kondisi semakin parah, dimana para petani harus memikirkan utang ke bank, sementara panen gagal terus. Tragisnya, kondisi ini sampai memicu aksi bunuh diri ratusan ribu petani di India, sejak tahun 1995 hingga sekarang.

Melihat kondisi ini, Amitabh Bachchan lantas membantu para petani melunasi utang mereka.

Kekayaan Amitabh Bachchan

Pertanyaan kemudian muncul. Seberapa besar kekayaan aktor papan atas India ini, sehingga mampu membantu para petani sebenar Rp7,5 miliar?

Ternyata, kekayaan pria ini sangat besar. Jumlahnya mencapai Rp6,2 triliun. Hal ini sesuai prediksi Situs The Richest yang menyebut, kekayaan aktor ini mencapai US$425 juta (Rp6,2 triliun).

Namun, kalau dilihat dari kiprahnya di dunia perfilman, mungkin jumlah aset itu bisa dikatakan wajar. Bachchan diketahui sudah terjun jadi aktor sejak tahun 1970-an. Namanya pun sangat terkenal hingga ke manca-negara. Termasuk berbagai pelosok pedesaan di Indonesia.

Keterkenalan itu juga membuat Bachchan sangat berpengaruh bukan hanya di dunia film. Tapi nyaris secara keseluruhan di India. Sehingga kepopuleran dan pengaruh itulah membuatnya bisa terpilih menjadi anggota DPR di negara itu.

Sekarang usia suami dari Jaya Bhaduri ini sudah mencapai 70-an. Dia juga sudah lebih dari 40 tahun aktif di Bollywood, bahkan merambah ke Hollywood melalui Film The Great Gatsby. Di film itu dia berperan sebagai Meyer Wolfsheim, seorang pengusaha Yahudi keturunan India.

Sebagai selebritis, Bachchan juga lekat dengan dunia gemerlap. Dia juga mengumpulkan harta, termasuk sebuah rumah mewah seharga di Mumbai seharga Rp33 miliar. Meski masih kalah mewah dengan rumah artis Bollywood lainnya seperti Aamir Khan, Kareena Kapoor, atau Salman Khan, namun fasilitasnya tetap terbilang fantastis. Berbagai fasilitas seperti perpustakaan mewah berisi foto-foto kenangan, taman, dan lainnya melengkapi rumah itu.

Termasuk sebuah garasi mobil sangat besar untuk menyimpan deretan mobil mewahnya. Ada beberapa mobil mewah yang dimiliki Amitabh Bachchan, di antaranya Range Rover Vogue, Rolls Royce Phantom, Bentley Continental GT, Bentley Arnage R, Mercedes-Benz SL 500, Porsche Cayman, Mini Cooper, dan lainnya.

Pena Mewah dan Properti

Bachchan juga sepertinya penyuka jam tangan mewah, termasuk Rolex. Namun dia lebih suka menggunakan merk Longines dari jenis Master Collection, yang harganya Rp33 juta.

Selain jam tangan, Bachchan juga penggemar pulpen tinta yang langka. Dia disebut memiliki sebuah pena seharga Rp180 juta, bermerk The Honore De Balzac.

BACA JUGA: Gara-gara Selfie, Pria ini Lempar Via Vallen Pakai HP

Di luar rumah dan barang mewah, Amitabh Bachchan juga suka mengelola properti dan perkebunan. Asetnya berupa lahan pertanian ada di Lucknow (Lakhnau) India, sebuah kota yang sedang berkembang menjadi pusat budaya dan seni India Utara.

Tidak hanya di dalam negaranya, Amitabh Bachchan juga ‘bermain’ properti hingga ke luar negeri. Disebut-sebut, dia memiliki aset properti di Prancis.

Demikianlah kabar Amitabh Bachchan sekarang yang ternyata sangat tajir melintir.

berbagai sumber

71 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment