Wagubsu Resmi Buka Pospedasu VII/2018

wagubsu

TopmetroNews – Sebanyak 1.236 atlet santri dan santriwati tampil, di Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Sumatera Utara, (Pospedasu) VII/2018, yang digelar di Medan, 10 sampai 15 Desember. Ajang ini dibuka secara resmi Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah di GOR Futsal Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, pada Selasa (11/12/2018).

Dalam sambutannya, Musa mengatakan, ajang ini sebagai penjaringan untuk mewakili Sumut di Pospenas juga kiranya masuk dalam kontingen tampil di PON 2020 Papua mendatang. Menurut pria yang akrab disapa Ijek ini, hasil dari kejuaraan ini para santri dan santriwati juga mewakili Sumatera Utara, pada PON mendatang di Papua. ” Dengan cabang-cabang olahraga yang diikuti dan mudah-mudahan, dalam Porprov nanti tahun 2019, terseleksi juga para atlet dari pesantren, yang juga nantinya akan berjenjang sampai dengan PON,” tutur Ijeck.

Junjung Tinggi Sportivitas

Dihadapan perwakilan Kanwil Kemenag Sumut, Burhanuddin Damanik, Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis, serta Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Sumut, Ijek menambahkan, keseharian para santri dan santriwati sehari-hari yang menimba ilmu sesuai apa yang diajarkan, namun juga tak mengesampingkan prestasi olahraga. Dirinya pun mengingatkan para santri dan santriwati untuk menjunjung tinggi sportifitas. “Tetap sportif dalam pelaksanaan ini mudah-mudahan, dalam prestasi yang dapat dan hari ini hasil yang baik,” tuturnya.

Dirinya pun berharap dukungan dan doa para santri dan santriwati, untuk persiapan Sumut menjadi tuan rumah PON 2024, bersama Aceh nantinya sukses pelaksanaan juga prestasi. “Doakan agar kita bisa sukses dalam persiapan menjadi tuan rumah PON, dan hasilnya bisa menjadi juara umum dalam pelaksanaan, kalau kita menjadi tuan rumah harus bisa juara umum,” harapnya.

“Tapi kita harapkan PON di Papua nantinya yang tadinya kita urutan kesembilan (2016), secara nasional pun yang lalu. Mudah-mudahan ada di Sumatera Utara dengan urutan yang bisa masuk 5 besar, dari seluruh provinsi yang nantinya ikut,” pungkas Ijek.

Diikuti 1.236 Atlet

Sedangkan, Ketua Panitia, Baharuddin Siagian mengatakan, ajang yang diikuti 1.236 atlet dan official berasal dari 19 Kab/Kota. Antara lain, Medan, Asahan, Labusel, Labura, Padang Lawas, Tebing Tinggi, Dairi, Deli Serdang, Binjai, Tanjung Balai dan lainnya. Para atlet santri dan santriwati akan ambil bagian di 11 cabor dan seni yang dipertandingkan. Yakni, atletik, voli, futsal, pencak silat, tenis meja, senam santri, pidato 3 bahasa, kaligrafi, kriya, cipta puisi, hadrah.

“Dasar tujuan pelaksanaan Pospedasu VII/2018 ini, meningkatkan budaya olahraga dan seni yang bernuansa islami. Menjaring santri dan santriwati untuk menjadi atlet potensial yang bisa meraih prestasi untuk tingkat nasional. Serta meningkatkan pembinaan dan pengembangan olahraga dan seni di kalangan santri pondok pesantren,” pungkas Baharuddin yang juga Kadispora Sumut. (TM-YOFE)

Reporter : Yofe

Editor: Yonan Febrian

Related posts

Leave a Comment