Car Free Day Diwarnai Sosialisasi PT Jasa Raharja & BNN Sumut

Car Free Day

topmetro.news – Ribuan warga ikut Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (16/12/2018). Dengan penuh semangat, mereka memanfaatkan momen CFD untuk berolahraga bersama anggota keluarganya masing-masing.

Ada yang mengikuti senam jantung sehat, ada juga yang hanya jogging, bersepeda, jalan santai maupun menfaatkan peralatan olahraga yang ada di pinggiran Lapangan Merdeka untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuhnya.

Keluarga Membawa Anak

Di samping itu tidak sedikit warga yang datang membawa anak-anaknya yang masih kecil hanya sekedar untuk bermain-main, sebab Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan telah menyediakan sejumlah fasilitas bermain bagi anak-anak seperti ayunan, perosotan serta enjut-enjutan.

Pelaksanaan CFD semakin meriah lagi sekaitan hadirnya PT Jasa Raharja untuk memeriahkan acara yang bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar mengurangi terjadinya polusi udara akibat asap kenderaan bermotor. Selain mendukung pelaksanaan CFD, kehadiran PT Jasa Raharja untuk mensosilisasikan kepada masyarakat bagaimana cara mengurus santunan apabila terjadi kecelakaan.

Disamping itu CFD juga diisi dengan sosialisasi pemutihan Pajak Kenderaan Bermotor dan Bea Balik Nama Kenderaan Bermotor (PKB-BBNKB). Kemudian donor darah serta pemeriksaan kesehatan gratis. Serta sosialisasi akan bahaya narkoba yang disampaikan perwakilan dari Badan Nasional Narkoba (BNN) Sumut.

PT Jasa Raharja

Usai berolahraga, warga pun mendengarkan sosialisasi yang disampaikan. Selain menambah pengetahuan, warga juga akan mendapatkan hadiah menarik dari PT Jasa Raharja di penghujung acara melalui lucky drawa dengan hadiah menarik seperti sepeda gunung, kulkas, kompor gas maupun peralatan elektronik lainnya.

Yang menarik lagi, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Sumut juga menurunkan satu unit mobil oajak keliling guna membantu warga dalam pengurusan perpanjangan pajak Surat Tanda Nomor Kenderaan (STNK). Selain prosesnya sangat cepat, warga juga mendapatkan haadiah langsung berupa satu payung, terutama pajak STNK yang sudah mati.

Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musadad Nasution, mengaku sangat melihat tingginya antusiasme masyarakat mengikuti CFD. Itu membuktikan sosialisasi yang terus menerus dilakukan Wali Kota ternyata telah mendapat respon positif dari masyarakat.

“Alhamdulillah, kita lihat jumlah warga yang mengikuti CFD pagi ini sangat banyak sekali. Kita harapkan jumlah ini terus bertambah, sebab Bapak Wali Kota ingin CFD menjadi momen untuk mengajak masyarakat hidup sehat dengan rutin berolahraga serta senantiasa menjaga polusi udara dari asap kenderaan bermotor,” kata Musadad.

Dalam kesempatan itu Musadad di dampingi Kadispora Kota Medan Marah Husin Lubis menarik lucky draw dan menyerahkan dua unit sepeda gunung dan satu unit kulkas kepada pemenangan yang beruntung. Setelah itu dilanjutkan dengan meninjau mobil pajak keliling serta donor darah.

Sementara itu menurut Kadispora Kota Medan, CFD yang digelar ini merupakan kegiatan terakhir yang digelar di sepanjang tahun 2015. Sebab, ungkapnya, Minggu depan tak mungkin lagi digelar CFD karena waktunya telah berdekatan dengan Hari Natal dan persiapan menyambut Tahun Baru 2018.

“CFD kita lanjutkan tahun depan. Kita akan berupaya menggandeng lebih banyak stkeholder lagi untuk mendukung CFD. Dengan banyaknya dukungan dari stakeholder, Marah Husin optimis pelaksanaan CFD akan jauh lebih menarik dan meriah lagi. Di samping kita juga akan melakukan sejumlah inovasi sehingga mampu menggugah dan menarik masyarakat untuk mengikuti CFD setiap minggu pagi di Lapangan Merdeka,” pungkas Marah Husin.

Penulis: Rizal

Related posts

Leave a Comment