Dr Haposan Siallagan SH MH Dilantik Jadi Rektor UHN Medan

rektor uhn

topmetro.news – Ompui Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing didampingi Sekjen HKBP Pdt Dr David F Sibuea melantik Dr Haposan Siallagan SH MH sebagai Rektor UHN (Universitas HKBP Nommensen) Medan, masa bakti 2018-2022, di Gereja HKBP Sudirman Medan, Jumat, (21/12/2018).

Dr Haposan menggantikan Dr Ir Sabam Malau. Sebelumnya, di tingkat senat Dr Haposan Siallagan SH MH meraih suara terbanyak dengan perolehan mencapai 29 suara.

Sebelum pelantikan, terlebih dahulu dimulai dengan kebaktian dipimpin Pdt Dr Martongo Sitinjak, yang menekankan, bahwa ilmuan harus lebih dekat kepada Tuhan. Karena ilmuan belajar tentang kebenaran. “Ilmu dan pengetahuan bisa dikejar. Tetapi kasih berasal dari Allah sebagai sentral kehidupan. Tuhan Yesus telah memulihkan kemanusiaan kita,” kata Pdt Dr Martongo.

“Akademisi harus menjujung tinggi kebenaran dan dekat dengan iman,” sambung Kadep Koinonia HKBP ini.

Sementara Ketua L2 DIKTI Prof Dr Dian Armanto MA MPd dalam sambutannya mengatakan, bahwa tantangan perguruan tinggi semakin berat. “Kita sangat prihatin dengan kondisi hanya 5% lulusan kita yang diterima ASN. Ini adalah sebuah keprihatinan bersama,” katanya.

Ketua L2 DIKTI menegaskan bahwa UHN harus mengembangkan pola pembelajaran yang mengarah pada penguatan bernalar, mode pembelajaran yang aplikatif, perbaikan kompetensi, mendidik dengan spirit, dan melakukan penemuan baru.

Prof Dian Armanto yakin, bahwa UHN bisa melakukan itu. “Karena SDM di UHN sangat bagus,” tegas Prof. Dian. Dia pun berharap, Rektor UHN Medan yang baru dilantik mampu membuat Prodi A bertambah di UHN. “Bahkan Akreditasi Perguruan Tinggi ke depan harus A,” tambah Prof Dian lagi.

Harapan Rektor UHN

Sementara Rektor UHN 2014-2018 Dr Ir Sabam Malau dalam sambutannya memaparkan sedikit progres UHN. Saat ini doktor di UHN sudah ada 53 dan 72 orang lagi dalam proses kuliah. Bahkan Dana Abadi Beasiswa Doktor dan Dana Abadi Beasiswa Mahasiswa meningkat pesat sebagai wujud bahwa UHN sangat peduli dengan orang miskin.

Rektor mengatakan, semua pencapaian yang dilakukan sebagai Rektor UHN karena kerjasama tim. Bahkan Dr Ir Sabam Malau mengatakan, bahwa tantangan Rektor di UHN setiap jamannya berbeda. “Dan semua rektor di UHN adalah orang yang berhasil,” tegas Sabam Malau lagi.

Dr Ir Sabam Malau sangat yakin bahwa Rektor UHN yang mendatang akan mampu melakukan yang terbaik. “Dan saya siap mendukung,” tegas lulusan S3 dari Jerman ini.

Sementara Dr Haposan Siallagan SH MH mengatakan, UHN siap menghadapi tantangan globalisasi dan revolusi 4.0. “UHN akan mendoorng lulusannya berkompetensi global. UHN akan kita dorong menjadi universitas riset dan menjadi universitas berjiwa enterpreneurship. Inovasi-inovasi akan kita dorong di UHN ini,” tegas doktor hukum tata negara ini.

Bahkan, kata Haposan, UHN siap jadi bagian dari ‘World Class University’. “Marilah kita bangun UHN dengan prinsip harmoni dari daya saing lokal menuju ‘Wolrd Class University’. Ada pun pilar pengembangan UHN di era globalisasi ini, yakni, menghasilkan lulusan bermartabat dan berkarakter, membuat UHN dari ‘teaching university’ menjadi ‘research university’, penguatan mutu pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan kapasitas manajemen di lingkungan UHN,” papar rektor yang baru dilantik ini optimis.

Hadir Ketua Yayasan Ir Nurdin Tampubolon MM, Sekretaris Yayasan Pdt Dr Pintor Sitanggang, Bendahara Yayasan Drs Frans Edward Hutabarat, Kadep Marturia HKBP Pdt Dr Anna Vera Pangaribuan, Ketua Pengawas Dr Manerep Pasaribu, Dra Pinondang Nababan MM, Prof Dr Bilter Sirait, Drs Godfried E Lubis, Dr Himsar Ambarita, Viktor Silaen SE MM, dan Drs Monang Siburian.

Juga hadir mantan rektor seperti Ir B Ricson Simarmata MSEE, Ir Patar Pasaribu Dipl Trop, dan Dr Ir Jongkers Tampubolon MSc. Kemudian tokoh masyarakat seperti Prof Dr Albiner Siagian MS, Dr RE Nainggolan, Jadi Pane SPd, dan berbagai pejabat dari lingkungan Pemko Medan dan Pemprovsu, serta perwakilan Polri dan TNI.

reporter: Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment