Jalur Pematangsiantar – Parapat Dikabarkan Mulai Normal Kembali

jembatan kembar

topmetro.news – Serelah diberitakan terputus tadi malam akibat longsor di Jembatan Kembar, jalur Pematangsiantar – Parapat diinformasikan sudah mulai normal kembali. Informasi itu diperoleh dari WhatsApps Group, yang dishare oleh salah seorang warga yang melintas disana.

“Kualanamu – Parapat tembus 3,5 jam hari ini. Terima kasih kepada para petugas di lapangan. Selamat Tahun Baru 2019,” tulisnya, Senin pagi (31/12/2018).

Dalam pesan di WA itu, juga diunggah beberapa foto dari lokasi longsor. Tampak kondisi jalanan masih berlumpur, sehingga yang melintas memang harus berhati-hati, karena licin. Di pinggir jalan ke arah tebing, terlihat ada onggokan lumpur sisa longsoran.

Tampak juga beberapa petugas ada di lokasi untuk memandu kendaraan yang sedang melintas. Namun secara umum, arus lalulintas di lokasi itu terlihat sudah lancar.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan resmi dari instansi terkait.

BACA JUGA: Arus Lalulintas ke Parapat Kembali Putus Karena Longsor

Penanganan Jembatan Kembar

longsor jembatan kembar
Kondisi lalulintas di lokasi longsor yang sudah mulai pulih kembali – topmetro.news

Sebagaimana diberitakan, setelah ditimpa longsor belum lama ini, Jembatan Kembar Parapat kembali mengalami hal serupa, Minggu malam (30/12/2018). Berdasarkan informasi yang beredar, longsor di jembatan itu terjadi sekira pukul 21.40 WIB.

Akibatnya, arus lalu lintas menuju ke Parapat dari arah Pematangsiantar dan sebaliknya, sempat lumpuh total. Situasi di lokasi pun macet berkepanjangan. “Sekilas info. Baru saja jembatan kembar menuju Parapat putus. Hubungan Pematangsiantar menuju Parapat terputus. Demikian info untuk kita. Trims,” sebut sebuah pesan di WhatsApp Group.

“Kejadian pukul 21.40 WIB. Mudah-mudahan segera mendapat penanganan. Namun kita tetap waspada terutama di kawasan Danau Toba -Samosir,” sebut pesan WhatsApp lainnya.

Memang, berdasarkan pesan yang juga dibagikan di medsos, Ka BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis menyampaikan, bahwa kondisi itu langsung mendapat penanganan malam itu juga. Dalam pesan WhatsApp-nya, pada malam kejadian, Riadil Akhir Lubis menjelaskan, longsor terjadi di lokasi kejadian serupa sebelumnya dan sedang ada mobilisasi alat berat oleh BPJN.

“Saat ini BPBD Provsu telah berkoordinasi dengan Pl Kepala Balai Pengembangan Jalan Nasional (BPJN) dan Dinas PU Bina Marga Provsu. Dan alat berat sedang dimobilisasi ke lokasi sebanyak dua loader dan ekscavator untuk membantu percepatan pembersihan longsoran di lokasi. Belum ada laporan tentang korban jiwa. Kepada masyarakat yang akan menuju dari dan ke Parapat agar mencari jalur alternatif dan berhati-hati di jalan mengingat saat ini sedang hujan,” tulis Ka BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis dalam pesan WhatssApp-nya, malam itu.

Dan sebagaimana dilaporkan warga di atas, kondisi lalulintas di lokasi disebutkan sudah mulai normal.

reporter: Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment