You are here
Bawaslu dan KPU Samosir Tertibkan Alat Peraga Kampanye Daerah 

Bawaslu dan KPU Samosir Tertibkan Alat Peraga Kampanye

topmetro.news – Badan Pengawas Pemilu Samosir (Bawaslu Samosir) bersama KPU Samosir, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Samosir dan Polres Samosir melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) calon legislatif DPRD kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD.

Penertiban ini dilakukan di areal Kota Panguruan hingga ke Simpang Limbong Kecamatan Sinajur Mulamula dan keliling Pulau Samosir, Jumat (11/1/2019).

Ketua Bawaslu Samosir Anggiat Sinaga didampingi Komisioner Bawaslu Robintang Naibaho dan Rianto Nainggolan mengatakan, untuk metode pemasangan APK di tempat umum telah diatur dalam Peraturan Bawaslu Nomor 28 Tahun 2018 Tentang Pengawasan Kampanye Pemilihan Umum.

“Bawaslu telah kordinasi dengan KPU Samosir, Dinas Perhubungan, Satpol PP ataupun Pemkab Samosir serta aparat kepolisian untuk melakukan penertiban alat peraga kampanye yang menyalahi aturan,” jelas Anggiat.

Gudang Bawaslu Samosir

Direncanakan penertiban APK tersebut akan dilaksanakan satu hari. Dan jika tidak memungkin selesai dalam satu hari, akan dijadwalkan kembali ke minggu depan. Menurut Anggiat, APK yang telah ditertibkan akan dikumpulkan di gudang Bawaslu Samosir.

“Jika ada partai politik yang ingin mengambil kembali APK yang ditertibkan, silahkan mengambil ke Bawaslu Samosir,” jelas Anggiat.

Sementara Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir menjelaskan bahwa metode pemasangan APK di tempat umum juga telah diatur dalam UU. Antara lain Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, Peraturan KPU Nomor 23, 28, dan 33 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilihan Umum, dan Surat Keputusan KPU Nomor 99.

“Pemasangan APK yang melanggar itu terpasang di sekitar lembaga pendidikan dan gedung milik pemerintah. Desain dan materi, tempat pemasangan, serta jumlah APK melanggar regulasi,” kata Ika.

reporter: Tetty Naibaho

86 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment