Wajib Baca, Ini Yang Terjadi Jika Gunakan Ponsel Sebelum Tidur

TOPMETRO.NEWS – Menggunakan ponsel di malam untuk berselancar di dunia maya sudah menjadi sesuatu yang lazim selama beberapa tahun terakhir ini.

Saking candunya, yang seharusnya bisa tidur pada pukul 09:00 malam, berubah menjadi larut malam, bahkan tak jarang dini hari akibat terlalu asyik dengan ponselnya.

Sudah banyak pakar dan penelitian yang menyebut bahaya dari cahaya yang keluar dari ponsel Anda. Tak hanya memengaruhi kedua mata Anda, tapi cahaya ponsel tersebut bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Berikut sejumlah alasan Anda harus mematikan ponsel di malam hari, dan harus menjauhkannya dari tempat tidur Anda, seperti dikutip dari Boldsky, belum lama ini.

1. Bahaya paparan cahaya biru
Paparan cahaya biru yang memantul ke mata Anda memengaruhi produksi hormon melatonin. Ini merupakan hormon yang membantu seseorang untuk tidur nyenyak di malam hari.

2. Depresi
Akibat dari kurang tidur tersebut, mood Anda jadi berantakan ketika bangun di pagi hari, yang tak jarang membuat Anda pusing dan depresi.

3. Kanker
Melatonin adalah hormon yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu tubuh Anda melawan kanker, terutama kanker payudara. Sementara menghidupkan ponsel terlalu lama, dapat memengaruhi kinerja dari hormon tersebut.

4. Otak
Ketika seseorang kekurangan waktu tidur, metabolisme tubuhnya pun bisa terganggu. Otak pun akan ikut berpengauh yang menyebabkan otak tidak bekerja maksimal.

5. Sakit mata
Cahaya biru dari ponsel bisa membuat mata Anda sakit. Bila ini terjadi terlalu lama, secara permanen dapat merusak penglihatan Anda.(TMN/L6)

Related posts

Leave a Comment