Gempa Tektonik Guncang Nias Selatan dan Sumatera Barat

gempa bumi

topmetro.news – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Samudera Hindia di Pantai Barat Sumatera, Hari Selasa (5/2/2019), pukul 02.29 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi itu memiliki kekuatan 6,1 SR. Yang kemudian dimutakhirkan menjadi Mw=5,6.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,38 LS dan 98,19 BT. Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 127 km arah Tenggara Nias Selatan pada kedalaman 24 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault).

Tak Berpotensi Tsunami

Guncangan gempa bumi tektonik ini dilaporkan dirasakan di daerah Nias Selatan, Pasaman, Bukittinggi, Padangpanjang, Pariaman, Padang, dan Payakumbuh. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 03.05 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua kali aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat pun diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (inatews.bmkg.go.id atau www.bmkg.go.id). Atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono ST DiplSeis MSc, dalam pesan WA-nya yang sudah tersebar di medsos.

berbagai sumber

Related posts

Leave a Comment