You are here
Dewan Pengawas Tirtanadi Dipecat, Gubsu Edy Rahmayadi pun Dilawan Kota Medan 

Dewan Pengawas Tirtanadi Dipecat, Gubsu Edy Rahmayadi pun Dilawan

Topmetro.News – Dewan Pengawas Tirtanadi Dipecat Gubsu Edy Rahmayadi. Tak pelak lagi, dewan pPengawas Tirtanadi dipecat itu pun melawan  lantaran dinilai bertindak sewenang-wenang. Gubsu Edy Rahmayadi dilawan sekaligus menggugatnya ke pengadilan karena dewan pengawas Tirtanadi dan Komisaris perusahaan air minum itu diberhentikan alias dipecat.

Dewan Pengawas Tirtanadi Dipecat, Tak Mengacu pada Permendagri

Perlawanan terhadap Gubsu Edy Rahmayadi yang datang dari pengawas PDAM Tirtanadi itu tampaknya serius.

Sedikitnya 4 orang masing-masing Anggia Ramadhan, Hasban Ritonga (sekretaris dewan pengawas), Farianda Putra Sinik dan Tengku Fahmi Djohan (anggota dewan pengawas) menggugat Edy Rahmayadi ke pengadilan.

Sebagaimana dikutip Topmetro.News dari matatelinga, para dewan pengawas dan Komisaris BUMD ini diberhentikan Gubsu Edy Rahmayadi sesuai Nomor 188.44/34/34/KPTS/2019.

Padahal, pengangkatan dewan pengawas PDAM Tirtanadi itu diterbitkan berdasarkan SK Gubernur sebelumnya. Dengan kata lain, periode masa kerja mereka hingga Januari 2021 mendatang. Namun, Gubsu Edy Rahmayadi mendadak ‘memecat’ dewan pengawas itu.

Tak pelak lagi, ke empat dewan pengawas dimaksud bersikap tegas dengan melawan Gubsu lewat gugatannya ke PTUN Medan, lantaran dianggap sudah melanggar hukum

“Kami segera mendaftarkan gugatan itu ke PTUN Medan,” ujar Anggia Ramadhan, salah seorang mantan anggota dewan pengawas PDAM Tirtanadi di Medan, Rabu (6/2/2019) seperti disiarkan matatelinga.

Menurut Anggia, SK Gubsu Nomor 188.44.34/ KPTS/2019 tanggal 31 Januari 2019 tentang pemberhentian anggota Dewas PDAM Tirtanadi itu jelas melanggar hukum dan menjurus tindakan sewenang-wenang yang tidak merujuk ke Permendagri dan Perda.

“Pemberhentian itu bisa dilakukan apabila Dewas (dewan pengawas) itu meninggal dunia, terlibat kejahatan atau merugikan perusahaan, perusahaan pailit dan pembubaran perusahaan,” sebut Anggia.

Berita Terkait: GUBSU DIMINTA TAK TERBURU-BURU GANTI DEWAS TIRTANADI

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya– M Alwi Hasbi Silalahi, Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Utara meminta Gubernur Sumut Edi Rahmayadi diminta agar tak terburu-buru mereorganisasi Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Tirtanadi.

Namun sepertinya mantan Pangkostrad dan Ketua Umum PSSI itu ingin bersikap tegas seolah tak mau ‘didikte’ siapapun.

Reporter: JEREMI TARAN

1.828 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment