Banyak Makan Malam, Bahaya untuk Kesehatan, Cegah dengan Cara Ini

banyak makan malam

Topmetro.News – Benarkah banyak makan malam berbahaya bagi kesehatan kita? Menjawab banyak makan malam ini, menurut American Heart Association, ternyata makan secara berlebihan di malam hari bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan diabetes. Duh..!!!

makan kacang

Risiko Banyak Makan Malam

Menurut lembaga itu, apa pun yang dimakan orang setelah jam 6 sore mungkin tidak selalu akan menaikkan berat badan, tetapi kalori ekstra menyebabkan efek kesehatan buruk lainnya seperti gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi, para peneliti mengatakan dalam ringkasan kerja yang dipresentasikan pada pertemuan Heart Association.

Sebuah tim di Columbia University Medical Center di New York menganalisis wawancara terhadap hampir 13.000 orang yang mengambil bagian dalam studi nasional tentang kesehatan orang Latin dan Hispanik yang menjawab pertanyaan tentang gaya hidup dan mendapatkan ujian medis pada saat yang bersamaan.

”Semakin banyak mereka makan setelah jam 6 sore, maka akan semakin tinggi kadar gula darah mereka.”

Mereka mengonsumsi sekitar sepertiga kalori mereka di malam hari bakal punya risiko 23 persen lebih tinggi terhadap tekanan darah tinggi.

“Kami menemukan bahwa jika Anda mengonsumsi sebagian besar kalori sebelum jam 6 sore, Anda mungkin memiliki kesehatan kardiovaskular yang lebih baik,” kata Nour Makarem dari Columbia, yang bekerja dalam penelitian itu, Senin (18/2/2019) seperti dikutip Topmetro.News dari pojok satu.

“Waktu makan Anda penting dan makan lebih awal pada hari itu mungkin merupakan strategi penting untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung,” jelas Makarem.

Tim peneliti lain memiliki saran untuk menjaga berat badan, dan dengan begitu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes.

Timbang Berat Badan

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 orang menemukan bahwa orang yang tidak pernah menimbang diri sendiri atau yang melakukannya hanya sekali seminggu ,tidak akan mengalami penurunan berat badan di tahun berikutnya.

Mereka yang menimbang diri setiap hari kehilangan rata-rata hampir 2 persen berat badan pada tahun depan.

Makan Lebih Banyak Kacang

Studi ketiga menambah semakin banyak bukti bahwa kacang tidak hanya bergizi, tetapi juga membantu orang menurunkan berat badan.

Sebuah tim di Harvard School of Public Health menemukan makan kacang, termasuk kacang tanah, membantu orang menjaga berat badan dan juga meningkatkan kadar gula darah.

Orang sering melihat kacang sebagai makanan tinggi lemak dan penuh dengan kalori, sehingga mereka ragu untuk menganggap kacang sebagai camilan sehat, tetapi kacang sebenarnya terkait dengan penurunan berat badan dan kesehatan yang lebih baik.

baca juga: INI 6 TIPS MENURUNKAN BERAT BADAN

Sebagaimana diberitakan Topmetro.News sebelumnya, menikmati aneka makanan memicu berat badan. Selain olahraga, dan atau mengatur asupan makanan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar berat badan bisa turun dengan efektif.

Di antaranya, bagaimana menghindari minuman latte yang kalorinya lebih banyak dan menggantinya dengan teh herbal.

Reporter: JEREMI TARAN

Related posts

Leave a Comment