Hore..!!! April, Gaji PNS Naik, Ini Respons BPN Prabowo

gaji pns naik

Topmetro.News – Gaji PNS naik resmi April mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan hal itu. Setidaknya peraturan tentang kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah diterbitkan bulan ini. Namun, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menilai, timing kenaikan gaji PNS tahun 2019 ini bernuansa politis lantaran menjelang Pilpres.

Gaji PNS Naik, Dirapel

Gaji PNS Naik, kepastian penerbitan aturan tentang hal ini disampaikan Jokowi ketika mengunjungi Lampung, Jumat (8/3/2019). Hal itu dijawab Jokowi, lantaran ada PNS yang menanyakan langsung soal kenaikan gaji.

“Ini PP-nya (Peraturan Pemerintah) baru disiapkan. Saya kira Maret ini akan selesai sehingga awal April nanti sudah bisa diberikan kenaikan itu kepada bapak ibu sekalian, dirapel!” kata Jokowi dalam sambutan peresmian Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Lampung.

Sarat Bermuatan Politis

Namun kenaikan ikhwal gaji PNS naik ini dinilai BPN Prabowo-Sandi bermuatan politis.

“Jelas timing-nya ini bernuansa politis, apalagi beberapa program/proyek juga dikebut agar selesai sebelum 17 April 2019. Contohnya MRT yang diminta selesai bulan Maret/April ini,” kata Dradjad Wibowo, anggota Dewan Pengarah BPN Prabowo-Sandiaga, Jumat (8/3/2019) seperti dikutip Topmetro.News dari spiritriau.

“Jadi, kenaikannya kita dukung. Tapi timing-nya itu lho, mbok ya jangan vulgar.”

Dradjad menuturkan program kenaikan gaji PNS ini merupakan salah satu upaya memperkuat birokrasi pemerintahan.

Karena itu, sambung dia, seluruh fraksi di DPR RI, termasuk yang mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga mendukung program itu.

“Prabowo dalam berbagai kesempatan mengatakan bahwa gaji aparat perlu dinaikkan. Itu sesuai salah satu syarat utama tercapainya masyarakat yang adil dan makmur, yaitu birokrasi/pemerintahan yang kuat dan bersih,” papar Dradjad.

“Karena itu, kenaikan gaji PNS tentu kita dukung. Ini sesuai program Prabowo-Sandi. Apalagi, kenaikan 5% itu sudah ada dalam APBN 2019. Seluruh Fraksi di DPR menyetujui kenaikan gaji PNS dan pensiunan sebesar rata-rata 5%, termasuk Fraksi Gerindra, PAN, PKS dan Demokrat yang mendukung Prabowo-Sandi,” katanya.

baca berita terkait: GAJI POKOK PNS, TNI/POLRI DAN PENSIUNAN NAIK 5%

Sebagaimana diberitakan Topmetro News sebelumnya, gaji pokok PNS naik 5 persen, begitu pun dengan TNI/ Polri dan pensiunan yang bakal naik rata-rata 5 persen. Gaji popok PNS ini sebagaimana diantur dalam nota keuangan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2019.

Sekadar diketahui draf Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang kenaikan gaji dan pensiun pokok PNS, TNI/Polri dan pensiunan ditargetkan tuntas disiapkan pada pekan ke-4 Januari 2019.

Haryomo Dwi Putranto, Deputi BKN Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) menuturkan, kini RPP Kenaikan Gaji dan Pensiun Pokok TNI/Polri, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang menunggu surat permohonan bantuan teknis penyusunan RPP.

Reporter: JEREMI TARAN

Related posts

Leave a Comment