Wisata Air Panas di Karo Diblokir, Jalan Rusak Dibiarkan Hancur

wisata air panas

Topmetro.News – Obyek wisata air panas di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo diblokir. Jalan masuk ke lokasi wisata pemandian air panas persis di depan pos pengutipan retribusi, itu Sabtu (9/3/2019) ditutup aksesnya dengan cara memblokir akses jalan masuk ke wilayah itu.

Wisata Air Panas Diblokir Lantaran Protes Jalan Rusak

Aksi damai warga turun ke jalan sebagai bentuk kekesalan terhadap Pemkab Karo yang tak kunjung memperbaiki jalan yang sudah ‘kupak-kapik’. Warga seakan tidak yakin lagi dengan janji-janji pemerintah yang katanya akan memperbaiki kerusakan jalan.

Kerusakan jalan mulai dari persimpangan pintu masuk hingga sampai pos pengutipan retribusi terlihat banyak berlubang.

Pemkab Karo Kutip Retribusi Diprotes

Hal ini tentunya dapat membuat pengendara yang datang berkunjung mengalami kesulitan. Bahkan tidak tertutup kemungkinan memicu terjadinya kecelakaan.

”Kami sangat heran, kenapa ada pengutipan retribusi. Semua kolam-kolam tempat mandi-mandi air panas milik warga dikelola sendiri masyarakat. Ini kan sangat rancu. Apa rupanya fasilitas yang diberikan Pemkab Karo sehingga berani melakukan pengutipan?” tanya salah seorang warga yang ikut aksi damai mengaku bermarga Sembiring.

Kepala Desa Semangat Gunung, Muhammad Ahyaf Ginting, SH yang mendampingi warganya turun ke jalan mengatakan, tetap akan mengawal aspirasi warganya seraya mengapresiasi tuntutan warganya.

”Sebagai aparat Pemerintahan Desa kita tetap konsisten menyampaikan dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Kita juga tetap mengapresiasi tuntutan warga untuk menuju ke arah yang lebih baik lagi,”ujarnya kepada wartawan.

Warga Mengaku tak Bisa Menulis

Sementara Kepala Dinas Kebudayaandan Pariwisata Kabupaten Karo, Ir Mulia Barus, Msi yang datang menemui warga mengaku belum ditemukan kesepakatan dengan warga.

“Kita minta kepada warga agar menuliskan permintaaan secara tertulis untuk disampaikan ke Bupati. Namun warga tidak mau dan mengaku tidak bisa menulis sehingga belum ada solusi,” ujar Barus singkat dan terus berlalu meminggalkan lokasi.

baca juga: INDAHNYA PEMANDIAN AIR PANAS ‘PARIBAN’ DI SIDEBUK DEBUK BERASTAGI

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, Desa Sidebuk-Debuk terletak sekitar 11 km dari Sibolangit menuju Berastagi terkenal dengan pemandian air panasnya yang hangat dan alami.

Tak hanya itu, pemandangan alam di sekitarnya juga sangat menakjubkan.

Tak heran jika banyak wisatawan lokal dan domestik berbondong-bongong mengunjungi desa ini pada hari libur.

Beberapa waktu lalu tim topmetro wisata mengunjugi salah satu tempat pemandian air panas di desa ini. Dari beberapa tempat pemandian, kami memilih pemandian air panas ‘Pariban’ yang namanya sudah cukup terkenal sampai ke Medan.

Reporter: CHARLES GATSU

Related posts

Leave a Comment