Terkaya Sejagat Raya, Kekayaan Jeff Bezos Rp1.800 Triliun

jeff bezos

topmetro.news – Apakah Anda pernah belanja di Amazon.com? Pusat belanja online yang berpusat di Washington DC ini ditemukan Jeff Bazos pada tahun 1994. Majalah Forbes mengumumkan bahwa Jeff Bazos kembali menjadi pemegang gelar orang terkaya di dunia, di awal tahun 2019 ini.

Menyaingi Bill Gates, Forbes mencatat Jeff Bazos memiliki kekayaan sebanyak 131 miliar US Dolar. Atau setara dengan Rp1.800 triliun.

BACA JUGA | Maruarar Sirait Anggota Parlemen Terbaik

Orangtua Jeff Bazos Bercerai

Jeff merupakan putra dari Jackylyn Jorgensen, seorang siswa SMA yang masih berumur 17 tahun. Ayahnya, Ted Jorgensen, merupakan seorang pemilik toko sepeda. Namun, kedua orangtuanya ini memutuskan untuk bercerai dan Jeff ikut dengan ibunya.

Ibunya kembali menikah dengan seronag imigran dari Cuba bernama Mike di tahun 1968. Bersama Ibu dan ayah barunya, Jeff berpindah-pindah tempat tinggal mengikuti pekerjaan ayahnya.

Selama mengenyam pendidikan, Jeff telah memenangkan banyak penghargaan dan beasiswa. Ia kemudian menyelesaikan kuliah di Princeton University jurusan teknik elektro dan ilmu komputer dengan nilai yang memuaskan. Ia juga aktif berorganisasi selama berada di kampus. Salah satunya menjadi ketua organisasi di Kampus Princeton.

Mendirikan Amazon

Setelah lulus kuliah, Jeff melamar pekerjaan di beberapa perusahaan teknologi yaitu Intel, Bell Labs dan lainnya. Pengalaman pertamanya bekerja adalah di sebuah perusahaan baru di bidang telekomunikasi, yaitu Fintel. Ia juga sempat berpindah-pindah tempat pekerjaan.

Namun di tahun 1993, ia memutuskan untuk mendirikan sebuah toko buku berbasis online, setelah menuliskan beberapa rencana bisnisnya. Dari situlah, Amazon didirikan. Tak disangka, ternyata Amazon mendapatkan respon yang baik dari para investor karena perkembangannya yang cukup baik.

Di tahun 1998, Bezos melebarkan sayap bisnis onlinenya dengan memasukkan barang-barang kebutuhan sehari-hari, kaset-kaset musik, dan video. Pada tahun-tahun berikutnya, Amazon terus menerus berkembang sehingga menjadi salah satu pusat perbelanjaan online terbesar di dunia.

Perusahaan Lainnya

Setelah sukses membesarkan bisnis Amazon-nya, Jeff Bazos mulai melebarkan sayap di industri lainnya. Pada Bulan September tahun 2000, Jeff mendirikan Blue Origin, sebuah perusahaan pesawat luar angkasa. Jeff sudah lama memiliki ketertarikan di bidang luar angkasa. Dan ini adalah mimpinya.

Tidak berhenti di situ, pada Agustus 2013, Jeff mengumumkan bahwa ia telah membeli perusahaan The Washington Post, yang merupakan koran lokal di Amerika Serikat. Ia membawa banyak keuntungan bagi The Washington Post sejak membelinya di tahun 2013.

Seorang filantropis

Ia juga adalah pemain saham yang andal. Dia lah yang pertama kali membeli saham Google. Dia juga memiliki saham di bidang kesehatan, seperti Unity Biotechnology, Grail, Juno Therapeutics, dan ZocDoc.

Selain kekayaan yang ia punya, dia juga memiliki rasa kedermawanan yang tinggi. Dia menjadi salah satu donatur yang banyak memberikan donasi kepada badan-badan di berbagai sektor. Selain itu, dia mengadakan beberapa proyek yang tidak menghasilkan keuntungan.

sumber | liputan6.com

Related posts

Leave a Comment