You are here
Puluhan Jemaah Tewas Ditembaki di Mesjid, Seorang Wanita Ditahan Internasional 

Puluhan Jemaah Tewas Ditembaki di Mesjid, Seorang Wanita Ditahan

topmetro.news – Dari empat orang yang ditahan aparat Kepolisian Selandia Baru terkait penembakan massal di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019), adalah seorang wanita. Pihak berwenang belum memberikan informasi lebih detail mengenai keempat orang yang ditahan tersebut.

PM Selandia Baru Jacinda Ardern menyebut penembakan di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood di Kota Christchurch, sebagai persitiwa paling gelap di Selandia Baru. Sejumlah media luar menyebutkan kemungkinan ada sekitar 30 orang tewas dalam insiden ini.

Penembakan terjadi saat salat Jumat yang dihadiri ratusan umat. Menurut sejumlah saki mata, sekitar pukul 13.40 waktu setempat seorang pria bersenjata memasuki Masjid Al Noor di Christchurch tengah dan melepaskan tembakan.

Salah seorang saksi mata, Mohan Ibrahim ada di dalam masjid ketika penembakan berlangsung. Kepada New Zealand Herlad, Ibrahim mengungkapkan, ia mengira ada semacam sengatan listrik. “Tetapi kemudian semua orang-orang mulai berlarian. Teman-teman saya masih di dalam. Saya sudah menelepon teman-teman saya tetapi belum mendengar kabar mereka,” kata Ibrahim yang mengkhawatirkan keselamatan kawan-kawannya.

Ditembaki di Mesjid

Ahmad Al-mahmoud, jemaah lainnya, menggambarkan melihat pria yang datang dan menembak semua orang di masjid. “Kami berusaha agar semua orang lari dari area karena kami tidak bisa membuat semua orang keluar dari pintu,” katanya pria yang mengaku melompati pagar belakang masjid untuk melarikan diri.

Pelaku digambarkan mengenakan helm dan memuntahkan lebih dari 50 rentetan tembakan. Pria lain, Carl Pomare, yang tengah mengemudi di seberang masjid melihat banyak orang di luar pintu masuk masjid di jalan setapak. Polisi telah mengkonfirmasi bahwa mereka menanggapi ‘situasi serius dan berkembang adalah … dengan penembak aktif’.

“(Peristiwa) melibatkan penembak aktif, melibatkan banyak korban jiwa,” kata Komisaris Kepolisian Selandia Baru Mike Bush seperti dikutip dari ABC News.

Kepolisian menahan seorang lelaki. Mereka belum memastikan apakah ada orang lain dalam penambakan tersebut. “Banyak korban jiwa, sejauh yang kami tahu, di dua lokasi – masjid di Deans Ave dan masjid lain di Linwood Ave Christchurch. Lagi-lagi kita tidak yakin apakah ada lokasi lain di luar area itu yang terancam,” katanya

sumber | beritasatu.com

697 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment