Haid Pertama Bisa Memprediksi Usia Wanita

TOPMETRO.NEWS – Tahukah Anda, haid pertama bisa memprediksi seberapa panjang usia seseorang wanita?

Pada umumnya, anak gadis mendapatkan menstruasi pertamanya di usia 10-15 tahun. Namun, karena beberapa faktor, ada yang mulai haid sebelum usia 10 tahun atau bahkan baru haid setelah melewati usia 15 tahun.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Menopause, semakin lambat seorang wanita mengalami haid pertama, maka semakin besar peluang mereka untuk hidup lebih lama.

Dalam penelitian ini, ilmuan menemukan bahwa wanita yang mendapat menstruasi pertama di usia cukup matang, memiliki peluang lebih besar untuk hidup hingga usia 90 tahun.Dikatakan juga bahwa wanita mencapai menopause di usia lebih tua, juga cenderung hidup lebih lama dibandingkan mereka sudah menopause di usia relatif muda. Hal ini selaras dengan beberapa penelitian sebelumnya, yang membuktikan bahwa semakin cepat Anda haid, maka semakin cepat pula Anda mengalami menopause.

Memang belum ada penjelasan pasti dari para ahli mengapa orang mengalami menstruasi pertama di usia dini lebih cenderung mudah diserang penyakit atau mengalami kematian lebih cepat.

Tapi, jawaban paling masuk akal adalah bahwa wanita mendapat haid di usia dini, tubuhnya lebih cepat menua, dan kondisi kesehatan cepat menurun, sehingga rentan terserang penyakit.

Nah, jika Anda termasuk orang cepat mendapat haid pertama,jangan khawatir dulu! Ada banyak cara untuk mencegah penuaan dini serta berbagai penyakit kronis. Beberapa di antaranya adalah memerhatikan nutrisi saat makan, rutin berolahraga, dan segera memeriksa kesehatan jika ada keluhan tertentu.(TMN/RB)

Related posts

Leave a Comment