You are here
Trans Papua Bukti Komitmen Jokowi Bangun Wilayah Terisolasi Nasional 

Trans Papua Bukti Komitmen Jokowi Bangun Wilayah Terisolasi

topmetro.news – Jalan Trans Papua, yang menghubungkan Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua, akan tersambung penuh tahun ini. Membentang dari Sorong hingga Merauke, jalan nasional sepanjang 4.330,07 kilometer akan meningkatkan konektivitas, membuka daerah terisolasi, dan mengurangi harga barang-barang terutama di wilayah Timur Indonesia.

“Dalam proses dibangun, sudah selesai 3.800 kilometer yang sudah dibuka. Kita harapkan terbuka total di tahun 2019,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Magelang, Jateng, Sabtu (23/3/2019) pada keterangannya disampaikan lewat video dokumentasi yang dibuat oleh Biro Pers Istana Kepresidenan.

Papua adalah salah satu pulau yang paling menjadi perhatian Jokowi. Karena dalam program kerja Nawacita, dari sembilan agenda yang disebutkan, membangun wilayah Nusantara dari pinggiran adalah salah satu prioritas utama.

Pembangunan Trans Papua sebenarnya sudah diinisiasi sejak pemerintahan BJ Habibie. Ini kemudian diteruskan oleh presiden-presiden selanjutnya.

BACA JUGA | Ulama Aceh Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf

Tidak mudah memang membangun infrastruktur di Papua. Karena pembangunan melibatkan pekerjaan membelah hutan belantara, dan menyesuaikan dengan kontur tanah pegunungan. Ada juga masalah keamanan ketika tahun 2016 pekerja konstruksi Trans Papua pernah diculik dan pernah terjadi insiden bersenjata.

Akan tetapi, komitmen pemerintah memastikan Trans Papua tersambung penuh tahun ini, menunjukkan bahwa program kerja Jokowi bukan sekedar janji.

sumber | beritasatu.com

Berita Lainnya

Leave a Comment