15 Ormas Karo Serahkan Pernyataan Desakan Pembangunan Jalan Tol Medan-Berastagi Ke DPRDSU

15 Ormas Karo

topmetro.news – Sedikitnya 15 Ormas (organisasi Masyarakat) Karo yang dikordinir ICK (Ikatan Cendikiawan Karo) Sumut menyerahkan pernyataan sikap berupa desakan pembangunan jalan tol Medan–Berastagi ke DPRD Sumut, untuk diperjuangkan secara maksimal kepada pemerintah pusat.

Surat pernyataan 15 Ormas Karo itu diserahkan oleh Ketua ICK Budi D Sinulingga didampingi Ketua HMKI (Himpunan Masyarakat Karo Indonesia) Sumut Ruben Tarigan, Ketua HMKI Karo Paham Ginting, Ketua DPP PMS (Pemuda Merga Silima) Bengkel Ginting kepada Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman didampingi Ketua F-PDI Perjuangan Baskami Ginting dan Bendahara FP Demokrat Layari Sinukaban, kemarin di DPRD Sumut.

Selain itu, ikut juga Ketua Ormas Karo dari DPW KAMKA (Keluarga Besar Muslim Karo) Sumut Sya’ad Affuddin Sembiring, Ketua IAMAKA USU (Ikatan Alumni Mahasiswa Karo Universitas Sumatera Utara) Salman Ginting, Ketua DPP Makamulia (Masyarakat Karo Muslim Indonesia) Suyato Daris Tarigan, Ketua DPP Barisan Pemuda Karo Indonesia Jesayas Tarigan, Ketua Fokus Berastagi Jhon Modal Pencawan, Ketua PBWS (Persatuan Warga Berastagi Sejagat) Darwin Tarigan dan Ketua FK3 (Forum Kita Kalak Karo) Baltasar Tarigan.

Pernyataan Sikap

Pernyataan sikap dan usulan berupa desakan yang sebelumnya dirumuskan di DPRD Sumut yang difasilitasi F-PDI Perjuangan ini terdiri dari beberapa poin, yang intinya sangat berharap kepada lembaga legislatif untuk memperjuangkan pembangunan jalan tol Medan–Berastagi dalam tempo yang sesingkat-seingkatnya, untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu-lintas jalur Medan-Berastagi yang semakin parah.

“Kami masyarakat Karo diwakili 15 Ormas Karo berharap lembaga legislatif jangan pernah bosan menuntut pemerintah pusat rencana pembangunan jalan tol Medan–Berastagi ini dimasukkan dalam RPJMNAS (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2019-2024,” ujar Budi Sinulingga, kamis (28/2019) kemarin.

Dijelaskan Budi, selama ini program pemerintah tentang pembangunan infrastruktur di Sumut, masih terjadi ketimpangan antara kawasan Selatan Danau Toba dengan kawasan Utara Danau Toba (seperti Kabupaten Karo, Dairi, Pakpak Bharat dan Samosir) yang terkesan minim pembangunan.

Jalan Medan-Berastagi Kondisinya Tidak Layak

“Misalnya Jalan Medan-Berastagi yang kondisinya sangat tidak layak, tanjakan yang tajam dan jari lengkung yang ekstrim sehingga mobil kerap terbalik dan jalan sering longsor, mengakibatkan terjadinya kemacetan hingga 6 sampai 10 jam, diperkirakan menimbulkan kerugian Rp3 miliar setiap terjadi kemacetan,” katanya.

Perlu diketahui, katanya, jalan Medan-Brastagi bukan hanya melayani 5 Kabupaten di Sumut (Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir dan Humbang Hasundutan). Tapi ada juga sejumlah kabupaten di wilayah Provinsi Aceh yang jumlah penduduknya mencapai 2 juta jiwa lebih.

“Jika kondisi jalan ini tetap dipertahankan, dikuatirkan terjadi perpindahan minat turis dari kawasan Utara Danau Toba ke kawasan Selatan. Komoditi pertanian maupun agroindustri dari Karo dan kabupaten sekitarnya akan memiliki daya saing rendah, karena biaya transportasi mahal atau bahkan ada yang busuk,” katanya.

Siap Golkan

Menanggapi desakan 15 Ormas Karo tersebut, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman didampingi Baskami Ginting dan Layari Sinukaban menyatakan kesiapannya untuk berjuang secara maksimal “menggolkan” pembangunan jalan tol Medan–Berastagi, agar kemacetan dapat segera teratasi.

Apalagi Presiden Jokowi telah memberikan “angin” segar kepada masyarakat Karo pada pertemuan silaturahmi dengan Pemred media cetak terbitan Medan baru-baru ini yang secara tegas menyatakan akan membangun infrastruktur jalan tol tersebut.

“Kami di DPRD Sumut ini tidak hanya mendukung, tapi akan berjuang secara maksimal untuk merealisasikan pembangunan jalan tol ini dan kita yakin Presiden Jokowi akan menyahuti aspirasi masyarakat,” ujar Wagirin sembari mengajak para tokoh-tokoh Karo untuk tetap bersama lembaga legislatif mendesak pemerintah pusat, guna menuntut pembangunan jalan tol tersebut.

Peryataan Sikap

Ketua ICK (Ikatan Cendikiawan Karo) Sumut, Budi Derita Sinulingga didampingi 15 Ormas Karo menyerahkan peryataan sikap mereka menyangkut pembangunan jalan Tol Medan–Berastagi kepada Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman didampingi Ketua F-PDI Perjuangan Drs Baskami Ginting.

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment