Rebutkan Piala Bupati dan Wakil Bupati, Sergai Gelar Lomba Dayung Sampan Tradisional

Lomba Dayung Sampan tradisional

topmetro.news – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didamping Wabup H Darma Wijaya menghadiri Lomba Dayung Sampan tradisional, di Bataran Sungai Rampahm, Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (30/3/2019).

Bertema “Selamatkan Sungai dengan Berolahraga, Tunjukkan Kreatifitas Demi Kemajuan Bangsa”, lomba ini memperbutkan Piala Bupati dan Wabup Sergai.

Peserta 32 Tim

Ketua Panitia Sudarno, S.Sos mengatakan, jumlah peserta lomba dayung sampan tradisional kategori pelajar 12 tim dan kategori umum 20 tim, total peserta 32 tim.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya menjaga konsistensi olahraga dan pembinaan atlet dayung di Kabupaten Sergai, sehingga nantinya muncul bibit-bibit atlet dayung yang handal dan berprestasi,” katanya.

Selain itu, lanju Sudarno, kegiatan ini juga sebagai sarana mempromosikan sungai Rampah yang baru di normalisasi sebagai salah satu potensi wisata air dengan konsep ekonomi kerakyatan.

Bupati Mengapresiasi

Dalam kata sambutannya, Bupati Sergai Ir H Soekirman sangat mengapresiasi semua pihak yang telah berpartisipasi sehingga terlaksana kegiatan ini.

“Hari ini saya ingin menyampaikan tiga hal yang paling penting diterapkan dalam hal memberikan perhatian pada sungai yaitu Ilmu, Iman dan Cinta Dengan Ilmu. Tempat ini dapat dikembalikan fungsinya seperti sediakala seperti pengairan, air bersih, serta tentunya menjadi objek wisata. Kemudian Iman, masalah air dalam Islam bahwa surga penuh sungai yang airnya mengalir,” kata Bupati.

Jaga Sungai

Bupati menambahkan, maka melalui sungai ini andai kita bisa menjaganya dengan baik maka bisa menjadi pemantap keyakinan kepada Allah SWT dan penyejuk hati.

Lomba Dayung Sampan tradisional

“Kita setiap saat dengan melihat sungai yang bersih. Dengan Cinta, hari ini mulai kita tumbuhkan kepada tiga generasi yang hadir pada hari ini, mulai dari anak-anak, muda dan tua. Bahwa pelestarian sungai Rampah akan dikenang oleh anak cucu kita yang menjadi kebanggaan dan mempersatukan kita sampai akhir hayat,” ucapnya.

Dihadiri Pejabat Lain

Selain Bupati Sergai, hadir juga para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Pembina Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sergai Drs Joni Walker Manik MM, Camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution. Ketua KONI Sergai Siswanto, tokoh agama, tokoh masyarakat, Pengawas dan Kepala Sekolah SD/SMP/SMK serta siswa se-Sergai.

Reporter | Dina

Related posts

Leave a Comment