Desainer Prosesor Apple Mundur, Ada Apa?

Apple

topmetro.news – Apple ditinggal salah satu petinggi dari divisi desain chipset, yaitu Gerard Williams III, yang menjabat posisi Senior Director di Platform Architecture.

Williams resmi mundur pada akhir Maret ini setelah sembilan tahun mengabdi untuk perusahaan asal Cupertino, AS tersebut.

Pembuat Chipset yang Tertanam di iPhone dan iPad

Meski namanya tidak sepopuler Tim Cook, namun Williams merupakan sosok di balik chipset yang tertanam di iPhone dan iPad.

Perlu diketahui, Williams adalah orang yang memimpin proyek pengembangan semua prosesor sejak seri A7 yang pertama kali dipakai oleh iPhone 5S.

Sedangkan pengembangan prosesor terakhir yang dipimpin olehnya adalah A12X yang kini tersemat di iPad Pro terbaru.

Apple A7 adalah Prosesor 64 bit Pertama

Sebagai informasi, Apple A7 adalah prosesor 64 bit pertama di kategori perangkat mobile.

Debutnya di iPhone 5S mendorong raksasa chipset Android, Qualcomm, untuk merilis prosesor 64 bit agar tak kalah dari Apple, meski kala itu prosesor 64 bit Qualcomm terbilang bermasalah dan belum siap untuk digunakan oleh publik.

Sebagai Layout Dari Systems on a chip

Selain bertugas mendesain prosesor, Endgadget mewartakan pada Minggu (31/3/2019) bahwa, Williams juga bertanggung jawab untuk layout dari systems on a chip (SoC), termasuk mengatur posisi CPU, GPU dan chip memori dalam satu kesatuan chipset.

Belum Ada Penjelasan dari Apple

Sayangnya, baik Apple maupun Williams tidak menjelaskan alasan kemunduran dirinya itu.

sumber | suara.com

Related posts

Leave a Comment