Panwaslu Kecamatan Pangururan Gelar Bimtek Pengawas TPS

panwaslu kecamatan pangururan

topmetro.news – Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas TPS se-Kecamatan Pangururan, Samosir digelar di Aula Hotel Dainang, Pangururan. Selasa (9/4/2019). Tujuannya dalam rangka persiapan pengawasan pemungutan dan perhitungan suara Pemilu Tahun 2019, dilakukan Panwaslu Kecamatan Pangururan.

Ketua Panwaslu Kecamatan Pangururan Maringan Sitanggang mengatakan, ini merupakan kegiatan pemantapan lanjutan mengenai pengetahuan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas PTPS.

“Agar mereka paham tentang tugas wewenang serta hak dan kewajibannya ketika berada di TPS. Kemudian bagaimana cara mereka menangani sebuah pelanggaran yang terjadi di TPS,” katanya.

Melalui pelatihan tersebut, Maringan berharap agar nantinya para peserta bisa bekerja dengan baik dan cermat. “Tentunya berpijak kepada ketentuan peraturan perundang-undangan, amanah jujur dan adil,” harapnya.

BACA JUGA | KPU Run 2019, Terlaksana di Samosir

Maringan juga menyampaikan, ada beberapa titik yang akan menjadi fokus pada pemilu mendatang. Di antaranya, mengawasi kegiatan pemungutan suara. Dan yang kedua mengawasi kegiatan penghitungan suara yang mencakup mencermati akurasi Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Pindahan (DPPh).

Juga mengawasi integritas dan profesionalitas petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), mengawasi politik uang baik di masa tenang maupun di hari pencoblosan.

reporter | Tetty Naibaho

Related posts

Leave a Comment