You are here
Kapal Selam Belgorod Terbesar di Dunia dan Menakutkan, Kenapa? Internasional 

Kapal Selam Belgorod Terbesar di Dunia dan Menakutkan, Kenapa?

Topmetro.News – Kapal Selam Belgorod merupakan kapal selam terpanjang di dunia (23/4/2019) resmi diluncurkan Rusia. Kapal selam misi khusus  ini dirancang mendukung berbagai misi militer, termasuk torpedo nuklir strategis jangka panjang Poseidon.

Kapal Selam Belgorod2

Kapal Selam Belgorod Jauh Lebih Besar

Sekadar diketahui, kapal selam ini jauh lebih besar dari kapal selam manapun yang dioperasikan oleh pasukan angkatan laut lainnya, termasuk Angkatan Laut AS. Belgorod mempunyai panjang enam ratus kaki  dan dapat menyelam hingga kedalaman 1.700 kaki.

Kapal selam ini diluncurkan di galangan kapal Sevmash di Rusia disaksikan Presiden Rusia Vladimir Putin lewat siaran satelit.

Kapal selam yang secara resmi dikenal sebagai Project-09852 ini awalnya merupakan kapal selam rudal jelajah Oscar kelas II yang harus diselesaikan oleh pemerintah Rusia. lambung kapal selam itu belum selesai hingga Moskow memutuskan untuk menyelesaikannya sebagai kapal selam misi khusus.

Kapal Selam Belgorod3

Bukan Kapal Selam Balistik

Lambung kapal diperpanjang hingga kira-kira 184 meter (604 kaki). Belgorod bertenaga nuklir bukanlah kapal selam serangan atau kapal selam rudal balistik. Namun merupakan Kapal selam misi khusus, Belgorod akan menjadi induk bagi kapal-kapal bawah laut lainnya.

Kapal selam Belgorod dapat membawa muatan di punggungnya, di belakang layar atau kapal selam mini kelas Losharik yang menempel dan terlepas ke bagian bawah lambung.

Menurut HI Sutton, otoritas yang tercatat dalam perang bawah laut, Belgorod akan dikawal Angkatan Laut Rusia tetapi dioperasikan GUGI, organisasi rahasia Direktorat Penelitian Deep Sea. Sutton yang telah menyaksikan perkembangan Belgorod dari jauh, mengatakan kepada Popular Mechanics.

“Belgorod awalnya digunakan sebagai kapal selam rudal jelajah kelas Oscar-II, tetapi pekerjaan berhenti ketika ekonomi Rusia mengejar program pembangunan kapal selam. Pekerjaan dimulai kembali bertahun-tahun kemudian dalam bentuknya yang dimodifikasi. Jadi dia sudah lebih tua dari banyak krunya,” ungkap Sutton

“Modifikasinya kemungkinan besar, dan mungkin termasuk beberapa teknologi terbaru, tetapi di bawahnya dia masih merupakan generasi kapal selam sebelumnya, dan cenderung kurang sembunyi-sembunyi dari generasi terbaru.” Katanya lagi.

Kapal Selam Belgorod4

Rusia Lebih Sukses dari Amerika

Pengamatan Sutton dari jauh sebagian besar sudah benar tetapi dia juga memperingatkan beberapa detail akan salah.

“Rusia umumnya lebih sukses dibanding AS (Amerika) dalam melindungi kapal selam terbarunya dari kamera yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

“Baru minggu ini dokumen-dokumen yang diduga bocor dari pengarahan triad nuklir untuk Presiden Trump termasuk pemangkasan kapal selam rudal balistik kelas Kolombia yang belum dibangun. Untuk kapal terbaru Rusia, kami masih menebak banyak detail.”

“Pengamat pertahanan dapat mengumpulkan beberapa sumber dan rumor dengan teknik analisis tradisional untuk menebak seperti apa Belgorod itu. Cutaway (di atas) merupakan tebakan terbaik sebelum foto-foto pasca modifikasi Belgorod muncul,”ungkap Sutton lagi.

Kapal Selam Belgorod5

Sebagai Sistem Deteksi Bawah Air

Salah satu misi utama Sutton percaya bahwa Belgorod dimaksudkan adalah penempatan rahasia jaringan deteksi kapal selam Harmony. Sebagai sistem deteksi bawah air bertenaga nuklir, Harmony dapat membantu mengingatkan pasukan Rusia tentang kapal selam musuh yang transit melalui area-area utama.

Namun, kunci dari pekerjaan mereka adalah penyebaran rahasia mereka, sesuatu yang praktis dilakukan Belgorod. Misi lain adalah melakukan operasi rahasia dengan kapal selam cebol Losharik. Losharik bertenaga nuklir sepanjang 230 kaki dilengkapi dengan lengan robot dan mampu menyelam hingga 1.000 meter (3.280 kaki).

Kapal selam besar ini juga akan dapat membawa kendaraan bawah air otonom Harpsichord-2P-PM, mengangkutnya ke area operasi dan kemudian menggunakan sonar untuk memetakan dasar laut atau menemukan benda-benda buatan manusia.

Kapal Selam Belgorod6

Mampu Bawa Hulu Ledak Nuklir

Meskipun dibangun untuk spionase bawah air, sejauh ini misi yang paling menyeramkan bagi Belgorod adalah sebagai kendaraan peluncuran sistem torpedo nuklir Poseidon. Poseidon adalah torpedo yang sangat besar, panjang 65 kaki dan diameter 6,5 kaki, dengan jangkauan ribuan mil dan kecepatan tertinggi 60 knot.

Poseidon diyakini mampu membawa hulu ledak termonuklir 2 megaton dan dirancang untuk mengelilingi pertahanan rudal AS untuk menyerang target pantai, termasuk pelabuhan dan kota. Menurut HI Sutton Belgorod akan membawa hingga enam torpedo Poseidon.

reporter | Herryansyah

672 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment